Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Penyuluhan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dengan penuh cinta kasih Kabupaten HSS dalam meningkatkan pengetahuan kader PKK, di pendopo kabupaten setempat.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dua hari, yakni pada tanggal 10 sampai 11 November 2021, diikuti sebanyak 150 orang kader TP PKK HSS terdiri dari 11 kecamatan, di Kabupaten HSS.

"Materi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) terdiri dari Pola Asuh Anak di Era Digital, Peran TP PKK dalam melaksanakan Pola Asuh Anak dan Remaja di Masa Pandemi ," kata Wakil Ketua I TP PKK HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, dalam laporan, Rabu (10/11).

Baca juga: Basnas luncurkan program Selamat sambut hari jadi HSS

Dijelaskan dia, narasumber penyuluhan PAAR Penuh Cinta Kasih dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS, serta dari TP PKK HSS.

Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, mengatakan menyambut baik kegiatan PAAR dengan Penuh Cinta Kasih, karena menurut dia pola asuh dimulai sejak bayi hingga beranjak dewasa, di mana pola asuh akan mempengaruhi kepribadian dan karakter anak di masa mendatang.

Didalam keluarga ada lima prinsip pola asuh yakni pendidikan, motivasi, perlindungan, tuntunan, keteladanan dengan dibalut kasih dan sayang, sehingga diperlukan pengetahuan dan pemahaman dari orang tua tentang pola asuh ini, agar nantinya para orang tua diharapkan dapat memahami dan melaksanakan pola asuh yang baik sesuai dengan harapan.

Baca juga: 11 desa HSS pilot project peduli stunting dan gagah PHBS dicanangkan

"Kami berpesan agar kegiatan tersebut tidak menjadi formalitas semata dan diharapkan dapat menjadi ajang penambah informasi, yang bermanfaat bagi penerapan pola asuh anak dalam keluarga," katanya.

Ditambahkan dia, keluarga merupakan titik awal pendidikan anak dapat memberikan perannya dalam mewujudkan anak-anak yang cerdas, berakhlak, beriman dan bertaqwa sebagaimana harapan bagi semua orang tua.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021