Balangan - (Antaranews Kalsel) - Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), atau bedah rumah yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2015 sebanyak 578 rumah. 


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan, Akhriani mengungkapkan, jumlah masyarakat miskin di Balangan yang menerima bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) RI tersebut, pada tahun 2015 ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

"Total ada 578 rumah yang masuk dalam program BSPS pemerintah pusat tahun ini, jumlah itu lebih banyak dari tahun lalu yang hanya berjumlah 380 buah rumah," katanya, Selasa (18/8).

Diungkapkannya, penambahan jumlah BSPS yang diterima ini tidak terlepas dari kesuksesan pelaksanaan program serupa pada tahun 2014 lalu, dan kerja keras tim dari Bappeda yang mengusulkan ke Kementerian.

Untuk daerah penerima program BSPS tahun 2015 sendiri lanjut Akhriani, berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Halong dan Lampihong yang ditentukan dari hasil evaluasi dari Kementerian PU-Pera RI.

"Program BSPS oleh kementerian PU-Pera RI, berfokus pada satu wilayah pengerjaan. Jadi sampai di dua kecamatan ini benar-benar tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni, baru akan bergeser ke kecamatan lain," bebernya.

Lebih rinci Akhriani mengatakan, untuk desa yang mendapat program BSPS yakni, Desa Kandang Jaya, Lok Hamawang, Hilir Pasar, Sungai Tabuk, Tampang, Pupuyuan, Simpang Tiga, Matang Hanau, Pimping dan Lok Panginangan di Kecamatan Lampihong dengan jumlah 424 buah rumah.

Sedangkan untuk Kecamatan Halong ujar Akhriani, yakni Desa Padang Raya, Tabuan dan Marajai dengan jumlah 154 buah.

Sekedar untuk diketahui, BSPS merupakan program kerja sama antara Pemerintah Daerah bersama Kementerian PU-Pera, yang bertujuan untuk mendorong masyarakat berpenghasilan rendah agar memiliki rumah yang layak huni.

Sebelumnya, peresmian tanda dimulainya dan dilakukan pembedahan rumah di Balangan, yaitu di salah satu rumah warga di Desa Hauwai Kecamatan Halong, oleh Bupati Balangan waktu itu H Sefek Effendie.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015