Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kalimantan Selatan, berkolaborasi dengan Mubadala Petroleum dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), menggelar lomba membuat karya tulis tingkat pelajar dan mahasiswa se-Kabupaten Kotabaru.

Kepala Biro Antara Kalimantan Selatan, Nurul Aulia Badar, mengatakan, salah satu bertujuan untuk menggugah semangat belajar para pelajar dan mahasiswa yang sudah cukup lama belajarnya dilakukan secara virtual karena pandemi COVID-19.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai tolok ukur untuk melihat sejauh mana semangat generasi muda di Kotabaru untuk tetap belajar dan belajar, khususnya minat menulis," katanya, dilaporkan, Selasa.

Oleh karenanya, lomba ini diberi tema "tetap berkarya di tengah pendemi COVID-19" dengan empat sub tema, bidang kesehatan, lingkungan, ekonomi dan tata kelola pemerintahan dan perusahaan.

Menurut mantan Kepala Biro Antara di Malaysia ini, minat pelajar dan mahasiswa di Kotabaru untuk berkarya, khususnya menulis cukup tinggi, terbukti dari 100 target peserta yang mendaftar mencapao 109 orang.

"Memang masih banyak hasil karya tulisanya belum sesuai harapan, namun hal ini perlu ditindaklanjuti berupa pelatihan atau yang lainnya agar mereka menjadi penulis yang profesional," terangnya.  

Corporate social responsibility Petroluem, Ruly Benaputra, menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap peningkatan sumber daya manusia yang masuk bidang pendidikan.

"Melalui program corporate social responsibity (CSR) berupa kegiatan lomba membuat karya tulis ini akan ditemukan bibit-bibit penulis asal Kotabaru yang bermunculan," harapnya.

Sejumlah putra-putra asal Kotabaru yang telah direkrut Mubadala Petroluem sebagai karyawan perusahaan, menujukkan bahwa sumber daya manusia telah memenuhi standar, dan ini perlu diberi "tempat" untuk menunjukkan kemampuanya.

Dia menambahkan, kepedulian perusahaan yang dikemas dalam program CSR ini juga diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan beasiswa bagi mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi di Kalimantan Selatan.

Perwakilan SKK Migas, Danang Agung, mengharapkan generasi muda di Kotabaru terus bersemangat untuk berkarya, salah satunya melalui tulisan-tulisan yang positif.

"Kalau mau menjadi pemimpin yang hebat, mulailah dari menulis," ujarnya.

Melalui kegiatan lomba membuat kerya tulis ini, diharapkan pelajar dan mahasiswa di Kotabaru akan lebih giat lagi untuk belajar demi masa depan yang lebih baik.

Wakil Bupati Kotabatu H Andi Rudi Latif mengatakan kemajuan suatu daerah sangat ditentukan oleh keterlibatan seluruh stakeholder termasuk media.

"Peran pers dan media sangat penting dalam upaya memajukan daerah melalui pemberitaan media, masyarakat bisa mengetahui perkembangan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan," ujarnya.
 
Dijelaskan, keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kotabaru saat ini juga tidak terlepas dari peran serta pers seperti LKBN Antara.

LKBN Antara sebagai lembaga independen yang penting dalam penyampaian informasi perannya sangat dibutuhkan pemerintah daerah

"Kami mengapresiasi dengan diselenggarakannya lomba membuat karya tulis tingkat pelajar dan mahasiswa, lomba seperti diharapkan dapat menumbuh kembangkan bakat dan minat para pelajar dan mahasiswa di bidang karya tulis" ungkapnya.

Kegiatan lomba karya tulis tingkat pelajar dan mahasiswa ingi terselenggara berkat kerja sama LKBN Antara dengan  Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)  dan Mubadala Petroluem diikuti sebanyak 109 orang yang berasal dari jenjang  sekolah menengah atas dan perguruan tinggi.

Tingkat SMA juara satu diraih oleh Attaya Laili Safitri dri SMAN 1 Kotabaru, dengan hadhadiah Rp4.000.000, juara 2 Siti Fatimah dari SMKN 1 dengan hadiah  Rp3.000.000, juara 3 Talita Naila Rahman dari SMKN 1 Kotabaru dengdengan hadiah Rp2.000.000.

Sedangkan perguruan tinggi juara 1 diraih oleh Muhammad Andrean Lazuardi dari Universitas Lambung Mangkurat, dengan hadiah Rp5.000.000  juara 2 Rakhil Zulfansah dari STIKES Darul Azhar demgan hadiah Rp4.000.000 dan juara 3 Ahmad Syaufi dari STIT Darul Ulum dengan hadiah Rp3.000.000.

Sementara itu,  Mubadala Petroleum merupakan perusahaan hulu minyak dan gas bumi internasional yang dimiliki sepenuhnya oleh pemerintahan Uni Emirat Arab.

Di Indonesia, Mubadala Petroleum adalah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Sebuku yang berlokasi di Selat Makassar, dengan lapangan gas Ruby yang telah berproduksi sejak 2013. Selain itu, Mubadala Petroleum juga menjadi operator Kontrak Kerja Sama (KKS) West Sebuku yang terletak di sekeliling Sebuku, juga Andaman I dan South Andaman di laut lepas Aceh, serta memiliki saham kerja di Andaman II yang masih dalam tahap eksplorasi.

Pewarta: ihi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021