Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) berupa paket pelatihan startup kepada generasi milenial bidang pertanian, di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pelaihari, Rabu (27/10).

"Pelatihan untuk para milenial tahun 2021 ini diadakan lima paket pelatihan yakni,  motivasi bisnis, literasi keuangan, proposal bisnis, startup dan pelatihan fasilitator,"ujar Kepala Distanhorbun Tanah Laut M Faried Widyatmoko. 

Pelatihan Sstartup, menurut dia, dapat memberikan bekal untuk memulai sebuah usaha, seperti mengenai hal yang perlu dipersiapkan dan segera dilaksanakan. 

Adapun sasaran pelatihan startup kali ini, jelas dia,  milenial dari usia 17 sampai 39 tahun.

"Diharapkan dengan paket pelatihan yang diberikan dapat memberikan bekal motivasi bisnis, pembekalan masalah keuangan, membuat proposal untuk mengajukan kemitraan dan permohonan permodalan dengan pihak lembaga keuangan," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan,  sebanyak 23 orang milenial  mendapatkan hibah kompetitif berkisar Rp100 juta dari proposal diajukan.

Salah satu penerima hibah kompetitif Boy Mardani menjelaskan, dengan adanya pelatihan startup program YESS tersebut mereka mendapatkan keuntungan,  baik berupa bimbingan dari BPP Kecamatan Pelaihari maupun Distanhorbun Tanah Laut.

"Kami mendapatkan hibah dari Program YESS berupa bantuan permodalan senilai Rp90 juta. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan usaha yang awalnya berkebun hidroponik sayuran. Kedepan dari dana hibah yang didapat digunakan mengembangkan Hidroponik buah-buahan dengan melakukan perluasan area kebun dan instalasi,"tandas Boy Mardani. 
 
Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut menggelar Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services, di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pelaihari, Rabu (27/10).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021