Para Kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lestari Desa Pemalongan,  Kecamatan Bajuin, Tanah Laut, Kalimantan Selatan mendapat pembinaan dari Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Kabupaten Tanah Laut, di Balai Desa Pemalongan, Senin (25/10).

Pokjanal Posyandu Tanah Laut terdiri dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut memberikan pembinaan kepada desa untuk mempersiapkan perlombaan Posyandu dan kader Posyandu tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) digelar tahun 2022 mendatang. 

SKPD yang tergabung dalam Pokjanal Posyandu Tanah Laut tersebut diantaranya,  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Laut, Dinas Kesehatan Tanah Laut, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tanah Laut, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tanah Laut dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Laut.

Posyandu Lestari Desa Pemalongan merupakan satu dari sebelas Posyandu menjadi perwakilan Posyandu di setiap kecamatan se-Kabupaten Tanah Laut. 

 Sebagai salah satu Kader Posyandu Lestari Desa Pemalongan Hj Norhasanah mengapresiasi atas pembinaan yang diberikan tersebut. 

Kegiatan Posyandu seperti penimbangan bayi, pemberian susu pada ibu hamil dan pemberian gizi untuk pencegahan anak tumbuh kerdil atau stunting, sebut Hj Norhasanah, sudah rutin dilaksanakan. 

Hanya saja untuk kelengkapan berkas, jelss dia, belum lengkap, khusus untuk perlombaan.

"Alhamdulillah banyak yang didapatkan hari ini. Setelah pembinaan hari ini kami akan membenahi buku-buku, dokumen, untuk melengkapi administrasi perlombaan nanti," ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa DPMD Tanah Laut Ary Setyawan Hiung mengungkapkan,  kelengkapan administrasi menjadi fokus utama setiap desa agar bisa bersaing dengan baik di tingkat Provinsi Kalsel. 

"Ada yang masih belum bisa memenuhi kriteria tim penilai, kader juga ada yang belum menguasai materi. Semua harus melakukan peningkatan secara otodidak dengan kreatif dan inovatif," tegas Ary dalam keterangannya usai pelaksanaan kegiatan.

Ari Hiung juga berharap, prestasi membanggakan bisa kembali bergaung untuk Kabupaten Tanah Laut pada perlombaan Posyandu tingkat provinsi dan nasional. 

"Semoga kita bisa kembali kepada masa kejayaan, kalau bisa sampai mewakili Kalimantan Selatan di tingkat nasional," harapnya. 

Terjadwal untuk Posyandu mendapatkan pembinaan diantaranya,  Posyandu Ruhuy Rahayu Desa Handil Gayam Kecamatan Bumi Makmur, Posyandu Anggrek Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap, Posyandu Mawar Desa Damar Lima Kecamatan Batu Ampar, Posyandu Melati Desa Alur Kecamatan Jorong.

Selsin itu, Posyandu Bougenfille Desa Benua Tengah Kecamatan Takisung, Posyandu Melati Desa Padang Luas Kecamatan Kurau, Posyandu Mekar Bersama Desa Kuringkit Kecamatan Panyipatan, Posyandu Tumpuan Kasih Desa Liang Anggang Kecamatan Bati-Bati, Posyandu Lestari Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang dan Posyandu Bhakti Kencana Desa Telaga Kecamatan Pelaihari.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021