Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, telah merehabilitasi lebih 200 orang pecandu narkotika dalam tahun 2015


"Kami melaksanakan program rehabilitasi ini istilahnya dengan cara rawat jalan," ujar Kepala BNN Kota Banjarmasin AKBP Ilyas, Selasa.

Menurut dia, program rehabilitasi di pusatkan di BNN provinsi, yakni, para pecandu yang datang kepihaknya secara suka rela untuk disembuhkan dari kecanduan obat-obatan terlarang.

"Kita berikan layanan mereka untuk penyembuhan secara gratis, dan ini adalah program pemerintah," tuturnya.

Ilyas mengungkapkan, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan tahun ini bisa merehabilitasi sebanyak 100 ribu pecandu narkotika, di provinsi Kalsel ditargetkan dapat merehabilitasi sekitar 1.800 lebih.

"Nah, masing-masing BNN kabupaten/kota ditarget bisa melaksanakan setidaknya 100 orang pecandu direhabilitasi, daerah kita sudah melebihi 100 persennya," papar Ilyas.

Dituturkan dia, bahwa masyarakat yang terlibat atau terjerumus dalam lembah narkotika di daerah ini cukup besar, hingga pihaknya bekerja ekstra keras untuk mengantisifasinya menyebar lebih luas, di sisi lain terus berupaya menyembuhkan yang sudah kecanduan.

"Dan masyarakat yang terjerumus ingin sembuh ini mulai banyak yang aktif datang ke BNN, ini berkat kita terus melakukan sosialisasi, bahwa BNN menerima penyembuhan terhadap pasein pecandu narkoba secara gratis bahkan dirahasiakan identitasnya dari publik," ungkap Ilyas.

Menurut dia, proses penyembuhan bagi pecandu ini dilakukan di klinik BNNP, di mana tim dokter dan ahli psikolog lengkap di sana.

  "Pertemuan pasein dan tim penyembuh paling tidak sampai 8 kali, sampai terus kita awasi perkembangannya," tutur Ilyas   

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015