Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan memperkuat sinergitas dengan menyambangi Pemerintah Kabupaten Balangan.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan Yos Rusdiansyah, mengatakan kunjungan ini tidak lain adalah dalam upaya untuk memperkuat sinergitas dan juga koordinasi dengan Pemkab Balangan, di samping itu juga yaitu bersilaturahmi dengan kepala daerah.

"Tentunya kami juga meminta dukungan kepada pemerintah daerah, yaitu untuk dapat berkontribusi penuh dalam hal pembangunan di Kabupaten Balangan," ucap Yos di Paringin, Senin.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada kepala daerah, dalam hal tersebut diwakili oleh Asisten 3 Setda Balangan Akhmad Nasa'i. Karena ini ucapnya, merupakan kunjungan kesebelas dari 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Dia melanjutkan, selain memperkuat koordinasi, pihaknya mengingatkan bahwa instansi vertikal juga harus bisa memberikan kontribusi kepada pembangunan di Kabupaten Balangan.

"Meskipun kami instansi vertikal, kami yakin mampu dapat memberikan kontribusi dalam hal penyampaian data dan informasi. Kami juga menyerahkan beberapa publikasi yang menyangkut indikator sosial dan ekonomi kepada Pemda, untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Kepala BPS Kabupaten Balangan Deddy Winarno sangat mendukung upaya bersama yaitu terkait tindak lanjut Perpres No.39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia.

Dimana pada beberapa kali pertemuan yang telah dilakukan pihaknya bersama Diskominfosan dan Bappedalitbang, dalam keinginan mimpi besarnya yaitu mewujudkan satu data di level Kabupaten Balangan.

Sehingga ke depan, diharapkan semua data baik BPS sebagai penyedia statistik data dasar dan beberapa instasi, serta dikoordinir oleh Kominfosan yang menyediakan statistik sektoral bisa saling melengkapi.

"Untuk itu semua pengguna data tidak perlu mendatangi satu per satu dinas, cukup mendatangi portal satu data Indonesia. Disitu akan tersaji semua data Kabupaten Balangan. Baik statistik dasar seperti kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi dan juga data dinas di bawah naungan Pemkab Balangan," bebernya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021