Intensitas hujan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sejak Minggu (17/10) pukul 14.00 Wita cukup tinggi, sempat teduh sebentar namun sore hingga malam harinya kembali lebat.

Pihak BPBD terus stanby melakukan pemantauan debit air sungai di beberapa wilayah. "TRC BPBD terus giat pemantauan debit air sungai di Manggasang, pada alat pengukur menunjukan di angka -120 Cm. Arus memang cukup deras dan cuaca masih gerimis," kata Kepala Pelaksana BPBD HST, H Budi Haryanto.

Menurutnya, untuk kondisi air sungai Hantakan sampai Barabai siang tadi memang sempat naik namun sudah mengalami penurunan dan hujan sempat mereda.

"Sore hari tadi kembali terjadi hujan di daerah pegunungan dan sekitarnya dan sempat ada kenaikan lagi debit air namun sangat lambat masih dalam batas normal dan aman," katanya.

Sampai malam ini pihaknya juga terus melakukan pemantauan dan hujan perlahan sudah mereda. "Kalau ada potensi kenaikan debit air yang tinggi atau berpotensi mengakibatkan banjir maka sesegera mungkin kami informasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan panik atau termakan isu-isu kenaikan air sungai dari sumber yang tidak jelas, namun diharapkan tetap harus siaga dan waspada sembari berdo'a semoga tidak terjadi banjir lagi.
 
BPBD HST melakukan pemantau debit air di sungai, Minggu (17/10/2021). ANTARA/M Taupik Rahman

Baca juga: Titik Bumi Coffee gelar Brewers Cup 2021 pada ulang tahun yang pertama
Baca juga: Wisata River Tubing Meratus Desa Alat kembali buka, tawarkan tantangan susur sungai lebih ekstrem
Baca juga: Warga Lok Buntar sempat hilang secara misterius di area perkebun karet

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021