Titik Bumi Cofffe Barabai gelar Brewers Cup 2021 atau kompetisi menyeduh kopi secara manual yang diikuti para Barista dari berbagai daerah di Kalsel hingga Kalteng, Sabtu (16/10) di coffee shop jalan Sarigading, Barabai Utara.

Owner Titik Bumi,  Andika Dwi Octavianto menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara ulang tahun Titik Bumi pertama yang berdiri sejak 11 Oktober 2020 yang lalu.

Menurutnya, industri kopi sendiri terus berkembang pesat setiap tahun, hal ini juga tidak terlepas dari perkembangan baristanya. "Inilah yang melatar belakangi kami mengadakan kompetisi menyeduh kopi untuk para barista," kata Andika.

"Kalau sekedar menyeduh, anyone can brew, tapi untuk menyeduh yang benar dan dengan standar yang benar pula, tentu ada kriterianya," kata Dia.

Di kompetisi inilah dikatakannya barista akan dinilai oleh para juri yang berkompeten di bidangnya. Tidak hanya rasa kopinya, juga hospitality dalam menyajikan kopi ke customer. 

"Kompetisi kopi sendiri ada jenjangnya, untuk brewers sendiri ada event nasional setiap tahun, yang pemenangnya akan mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di WBRC," ujarnya.

Harapan Andika, dengan event lokal seperti ini pula kita bisa mmpersiapkan perwakilan-perwakilan di kalsel untuk berlaga tingkat nasional. 

"Ke depannya, kami juga berharap dukungan dari pemerintah daerah untuk kegiatan seperti ini. Karena industri kopi saat ini sangat luas, tidak hanya sekedar ditanam, dipanen, diolah, dijual dan dinikmati, tapi kopi juga memiliki daya tarik sendiri di dunia kompetisi barista," katanya 

Ditambahkanya, Kompetisi ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai daerah di kalsel dan juga dinilai oleh 10 orang juri berkompeten. 

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten HST, H Syahruli saat membuka acara mengungkapkan, kegiatan ini sangat positif bagi anak muda dan inspiratif serta excelent.

"Mudah-mudahan melalui event ini tumbuh dan berkembang para pelaku usaha khususnya di bidang kopi, karena pemerintah saat ini juga konsen menubuhkembangkan wirausaha yang ramah lingkungan dengan tagar save meratus," tukasnya.

Ia juga berharap ajang ini melahirkan para barista yang kreatif dalam menyeduh, meracik dan menyajikan kopi secara ilegan. "Pesan saya, perdalam dan gali potensi ini agar menjadi brewers yang profesional dan bisa berlaga di tingkat yang lebih tinggi lagi di ajang nasional," harapnya.
Titik Bumi Cofffe Barabai gelar Brewers Cup 2021 atau kompetisi menyeduh kopi secara manual yang diikuti para Barista dari berbagai daerah dan dibuka secara resmi oleh kepala Dinas Perdagangan HST, Sabtu (16/10/2021). (ANTARA/M Taupik Rahman)


Baca juga: Barista asal Barabai juara ajang City Centrum Coffee Week 2021 di Samarinda
Baca juga: Dukung pemerintah, kafe di Barabai gratiskan minum kopi dengan menunjukkan kartu vaksin
Baca juga: Para barista Cafe di Barabai langsung diswab antigen

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021