Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 46 kandidat bakal calon di pemilihan kepala daerah di Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti tes kesehatan di RSUD Ulin, Banjarmasin, sejak 28 Juli hingga 1 Agustus.

Sebanyak enam kandidat di antara dari bakal calon gubernur dan wakil gubernur, sedangkan 40 kandidat lainnya dari bakal calon bupati/wali kota dan wakil bupati/wali kota dari enam daerah, minus dari Kabupaten Banjar yang melaksanakan tersendiri di RSUD Ratu Zulecha.

Menurut Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalimantan Selatan Rudiansyah, setiap kandidat bacalon yang dijadwalkan mengikuti tes akan diinapkan dan menjalani puasa 6-10 jam.

"Proses pemeriksaan kesehatan pertama bagi bakal calon adalah psikotes," ujarnya.

Dilanjutkan keesokan harinya, ungkap dia, di antaranya pemeriksaan darah, rongsen, penyakit dalam, THT, mata, dan jantung.

"Pemeriksaan di akhiri dengan kembali dilakukan psikotes sekitar 300 pertanyaan dan pemeriksaan darah yang kedua," terangnya.

Hasil tes kesehatan ini, ujar Rudiansyah, akan pihaknya serahkan ke KPU provinsi bagi kandidat bacagub dan bacawagub, dan KPU kabupaten/kota bagi kandidat bacawali/bacabup dan bacawawali/bacawabup pada Senin (3/8).

"Untuk para kandidat hanya kami berikan surat bukti bahwa mereka sudah mengikuti tes kesehatan," tuturnya.

Dia mengungkapkan bahwa hasil tes kesehatan ini sifatnya rahasia, IDI akan menyampaikan rekomendasinya terkait kelayakan kesehatan kandidat sesuai ilmu kedokteran hanya kepada KPU.

"KPU lah nantinya yang mengumumkan layak atau tidaknya bacalon mengikuti Pilkada diliat dari kesehatannya," ucapnya.

Ada pun para kandidat bakal calon yang sudah melaksanakan tes kesehatan di RSUD Ulin ini, dari 29-30 Juli, yakni tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, tiga pasangan bakal calon pada Pilkada Kota Banjarmasin, dan tiga pasangan bakal calon pada Pilkada Kota Banjarbaru.

Sementara itu, pada 30-31 Juli ini, tiga pasangan bacalon dari Pilkada Hulu Sungai Tengah (HST), dan lima pasang bacalon dari Pilkada Kotabaru.

Selanjutnya, akan menyusul dari 31 Juli hingga 1 Agustus, yakni, empat pasangan bakal calon dari Pilkada Balangan, dan dua pasangan bakal calon dari Pilkada Tanah Bumbu.

Suasana tempat pemeriksaan di gedung Paviliun Aster RSUD Ulin Banjarmasin terlihat kondusif, bahkan pertemuan para pasangan calon nampak akrab, yakni, di lantai tiga bagi pasangan bakal calon dari HST dan lantai empat bagi pasangan bacalon dari Kotabaru.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015