Bupati Banjar Saidi Mansyur mengapresiasi Operasi Serbuan Vaksinasi (Servak) COVID-19 untuk masyarakat maritim yang digelar Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin di Gedung DPRD Banjar.

Apresiasi itu diungkapkan bupati usai menyaksikan operasi Servak COVID-19 yang dilaksanakan Lanal Banjarmasin bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Banjar, Dinkes Banjar dan Dinkes Banjarmasin.

"Atas nama Pemkab Banjar maupun pribadi, saya mengapresiasi tinggi Lanal Banjarmasin dan dinas terkait dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19 gratis kepada masyarakat itu," ujar bupati.

Menurut bupati, Operasi Servak COVID-19 yang dilaksanakan Lanal Banjarmasin adalah salah satu bentuk nyata guna percepatan vaksinasi di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi di Kabupaten Banjar.

Diharapkan program percepatan vaksinisasi itu berdampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal pemulihan ekonomi sehingga bisa kembali normal dan tidak terpengaruh pandemi virus mematikan itu. 

"Harapan kita semua, capaian program vaksinasi Kabupaten Banjar yang masih berada di bawah 20 persen bisa ditingkatkan meski pun ada kendala luasan wilayah dengan 20 kecamatan," ungkapnya. 

Ditekankan, atas dasar itu lah Pemkab Banjar selalu mendorong percepatan program vaksinasi bagi masyarakat, agar persentase capaian vaksinasi terus meningkat dan membentuk kekebalan kelompok. 

"Selain berdampak bagi kesehatan, capaian vaksinasi menjadi salah satu indikator naik turunnya level PPKM dan menjadi salah satu syarat bagi masyarakat berkegiatan seperti umroh dan syarat naik pesawat," katanya. 

Ketua Kadin Kabupaten Banjar M Rofiqi, memberikan dukungan penuh terhadap program vaksinasi yang diselenggarakan Lanal Banjarmasin di Kabupaten Banjar sehingga bisa menambah persentase vaksinasi. 

"Masyarakat sangat antusias. Bahkan, sudah hadir sebelum acara dimulai, dan diprediksi kami memprediksi kami bakal overload. Kemungkinan lebih dari 1.000 orang yang mendaftar hari ini," ujar Ketua DPRD Banjar itu. 

Ditambahkan politisi Gerindra itu, pihaknya sengaja menggunakan ruang paripurna DPRD untuk vaksinasi agar terwujud fungsinya sebagai rumah rakyat yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan. 

"Makanya, ruang rapat paripurna yang sakral dijadikan tempat penyuntikan vaksin untuk masyarakat dan akan terus gaungkan DPRD Banjar menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021