Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan pelatihan Pusat Informasi Keluarga (PIK) bagi 50 kader, di Aula Kecamatan Sungai Raya.

Wakil Ketua I TP PKK HSS, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, di Sungai Raya, Kamis (14/10), mengatakan dalam kegiatan ini para 
Kader diberikan pengetahuan untuk meningkatkan keterampilan dalam pengelolaan Dasa Wisma dan PIK.

"Kemudian untuk meningkatkan keterampilan pemanfaatan tanah pekarangan agar halaman menjadi asri, teratur, indah dan nyaman, serta pembuatan bank sampah," katanya.

Dijelaskan dia, selain bimtek juga terdapat sosialisai PIK yang mencakup beberapa masalah, yakni masalah sosial yang tak lepas dari program PKK.

Di antaranya putus sekolah, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (PKDRT) maupun masalah yang berhubungan lingkungan keluarga.

"Lebih lanjut, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dapat dimulai dari rumah seperti pemanfaatan limbah atau sampah rumah tangga yang dipilah sehingga dapat bernilai ekonomis," katanya.

Jumlah peserta yang mengikuti Pelatihan Dasa Wisma terdiri dari 30 orang peserta kader PKK, untuk PIK diwakili 20 kader PKK desa dari Pokja I dan beberapa kader PKK Kecamatan, serta Bimtek Gerakan Hatinya PKK diikuti sebanyak 30 orang peserta.

Baca juga: TP PKK HSS gelar peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW

Baca juga: 50 peserta di Daha Barat ikuti pelatihan dan Bimtek PKK HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021