Sebanyak 50 orang peserta mengikuti pelatihan kelompok Dasa Wisma, Pusat Informasi Keluarga (PIK), dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Hatinya PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), di aula kecamatan Daha Barat.

Ketua PKK Kecamatan Daha Barat, Yeni Kusuma, di Daha Barat, mengatakan, 20 peserta yang mengikuti pelatihan dasa wisma mewakili dari tujuh Desa di wilayah Kecamatan Daha Barat.

"Sementara untuk PIK diwakili 10 kader PKK desa dari Pokja I, dan beberapa kader PKK Kecamatan, serta Bimtek Gerakan Hatinya PKK diikuti sebanyak 20 orang peserta," katanya, dalam laporan, Senin (11/10) kemarin.

Dijelaskan dia, mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP. PKK HSS beserta pengurus sudah melaksanakan kegiatan pelatihan dan bimtek bagi kader PKK Kecamatan maupun Desa, tentunya bermanfaat menambah wawasan seluruh peserta.

Sekretaris TP. PKK HSS, Hj Murziah, mengatakan fungsi kelompok dasa wisma adalah sebagai penggerak dan pembina masyarakat untuk turut mensukseskan pelaksanaan program pokok PKK.

Dasa Wisma nantinya akan berpengaruh pada kegiatan gerakan PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten, guna mewujudkan keluarga sejahtera.

“Kami turun ke semua kecamatan di HSS, dan Daha Barat adalah kecamatan yang ketiga yang kami datangi," katanya.

Untuk materi Dasa Wisma ada tiga yakni pengolahan sampah, administrasi Dasa Wisma dan pengisian format Dasa Wisma. PIK ada 3 materi yakni pengolahan sampah, administrasi PIK dan pengisian pembentukan PIK.

Sedangkan untuk kegiatan Bimtek Gerakan Hatinya PKK akan diisi dengan dua materi, yakni pengelolaan sampah dan hatinya PKK.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan TP. PKK HSS dapat memberikan nilai positif, dalam penguatan keluarga di Kabupaten HSS dan memberikan hasil yang optimal.

“Diharapkan nantinya masyarakat dan desa bisa membuat bank sampah, serta administrasinya baik di Dasa wisma maupun PIK,” katanya.

Baca juga: Layanan KB gratis Dinas PPKBPPPA HSS untuk warga Malilingin

Baca juga: Ketua PKK HSS buka pelatihan dasa wisma, PIK dan bimtek gerakan hati

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021