Group musik daerah Banjar Soto Abang Amat di Banua Anyar Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) konsisten menghibur pengunjung.

"Sudah lebih sepuluh tahun kami selalu setia menghibur pengunjung Soto Abang Amat Banjarmasin," ujar Alfian, salah seorang pemain di sela-sela pentas mereka menjawab Antara Kalsel, Sabtu (9/10) siang.

Ia menerangkan, penampilan group musiknya pada dasarnya untuk mengenalkan dan sekaligus sebagai salah satu upaya melestarikan lagu-lagu daerah Banjar.

Sementara lagu-lagu daerah Banjar ada produk lama dan kreasi baru, bernuansa muda mudi serta mengungkap sejarah kerajaan Banjar seperti asal usulnya.

Sebagai contoh lagu daerah Banjar yang bermuatan sejarah Pangeran Antasari dan Raja Banjar Pertama yang memeluk Islam yaitu Pangeran Samudera yang berganti nama Sultan Suriansyah.

"Tetapi karena pengunjung penyedia soto - salah satu khas masakan/kuliner daerah Banjar dari berbagai kalangan atau majemuk, sehingga lagu-lagu yang kami suguhkan pun beragam seperti lagu-lagu dangdut/Melayu," ujarnya.

"Pada pokoknya kami berusaha semua pengunjung yang beragam merasa terhibur," lanjut pemain "piul" (biola) tersebut yang juga berperan sebagai penyanyi.

Ayesha Rizqia Hafiza atau Zaza yang sedang berulang tahun ke-8 pada Sabtu, 9 Oktober 2021 didampingi adiknya Annasya Yumna Putri atau Nasya (3 th) dan saudara sepupu Raina Fajria Hariyani atau Nana (3 th) di Rumah Makan Khas Banjar Kalsel - Soto Abang Amat Banjarmasin. (Syamsuddin Hasan)


Sebagai contoh ketika ada orang yang merayakan ulang tahun, group musik tersebut melantunkan lagu ulang tahun seperti Ayesha Rizqia Hafiza atau Zaza yang berulang tahun ke-8 pada 9 Oktober 2021.

Mengenai pendapatan, dia tak bersedia menyebutkan, kecuali menyatakan masih banyak pengunjung yang memberikan tip.

"Pokoknya cukup untuk kami bertujuh buat oleh-oleh pulang, yang bekerja sekitar pukul 09.30 - 15.00 Wita," demikian Alfian.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021