Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengatakan, menghadapi tantangan yang semakin besar dalam membangun daerah Bumi Tuntung Pandang diperlukan sinergitas dan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) dengan berbagai pihak tidak terkecuali Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Menurut Sukamta ,  selama ini kontribusi TNI dalam pembangunan Tanah Laut  sangat besar, terlebih dalam percepatan penanganan COVID-19. 

Sukamta menambahkan, TNI telah mengusahakan percepatan penanganan COVID-19 melalui vaksinasi yang sangat diperlukan masyarakat dalam jumlah banyak agar penanganan COVID-19 bisa diselesaikan lebih cepat lagi.  

"Alhamdulillah Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Tala sudah turun ke level dua dan ini tidak terlepas dari kerja sama Pemkab Tala bersama TNI dan Polri serta seluruh masyarakat," ungkap Sukamta, usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 TNI, di Istana Merdeka, Jakarta, bertempat di Aula Parikesit Makodim 1009/TLA, bersama unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Laut, Selasa (5/10).

Dalam kesempatan sama, Komandan Kodim 1009/TLA Letnan Kolonel Infantri Mochamad Arlutfi Noergroho mengatakan,  TNI bersama seluruh kompenen bahu membahu dalam rangka membangun negeri agar terlepas dari bencana pandemi COVID-19. 

"Kami dari TNI sudah mengalokasikan sekitar 2.000 vaksin dan kegiatan vaksinasi sudah berjalan, harapan kedepan semoga dari PPKM level dua turun ke PPKM level satu dan selesai, sehingga kita semua bisa berkarya jauh lebih baik lagi," kata Arlutfi. 

Dia menambahkan, dalam rangka HUT ke- 76 TNI, pihaknya menggelar beberapa kegiatan, seperti donor darah, vaksinasi masal dan tali asih kepada para veteran yang direncanakan akan digelar, Kamis 7 Oktober 2021.

Dalam upacara peringatan HUT ke-76 TNI Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara dalam pidatonya menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada TNI. 

Joko Widodo menuturkan, TNI selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta melindungi bangsa Indonesia dari segala ancaman dan gangguan, terlebih dalam peringatan HUT TNI ke-76 kali ini masih dibayang-bayangi pandemi COVID-19.

"Keberhasilan dalam menanggulangi pandemi COVID-19 tidak terlepas dari peran besar TNI," terang Jokowi. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021