DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar rapat paripurna peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-495 Kota Banjarmasin pada 24 September 2021 di Gedung Dewan Kota Banjarmasin, Jumat.

Rapat paripurna tersebut dihadiri Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakilnya H Arifin Noor juga unsur forum pimpinan daerah Kota Banjarmasin. Semuanya mengenakan baju adat khas Banjar.

Rapat paripurna dewan tersebut juga menampilkan beberapa kesenian, seperti tari, musik panting, hadrah dan madihin yang dimainkan banyak seniman.

Rapat paripurna dewan tersebut digelar tidak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya, pasalnya pandemi COVID-19, di mana Kota Banjarmasin masih dalam kondisi penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Harry Wijaya menyampaikan, bahwa pandemi COVID-19 tahun 2021 ini menjadi ujian bagi kota ini yang sudah menanjak usia 495 tahun untuk bisa lebih matang lagi di masa normal nanti.

Dikatakan dia, Kota Banjarmasin sebagai kota berbasis sungai, harus bisa tetap berdiri tangguh meski pandemi COVID-19 telah memukul segara sektor, khususnya sektor ekonomi.

Pihaknya di dewan, kata Harry, tetap mengawal segala rumusan untuk penanggulangan pandemi COVID-19 ini, khususnya untuk pemulihan ekonomi.

Selain itu, kata politisi PAN ini, bersama-sama pemerintah kota untuk menanggulangi penyebaran virus Corona ini hingga bisa mengakhiri starus PPKM level 4 yang diperpanjang sampai 4 Oktober 2021.

"Sekarang penyebaran kasus COVID-19 di daerah kita sudah sangat turun, moga bisa kita tekan terus hingga bisa hilang sama sekali," papar Hari Wijaya.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Muhammad Yamin juga menyampaikan, di usia 495 tahun ini, banyak yang harus dibenahi Kota Banjarmasin dari segi infrastruktur, khususnya jalan dan jembatan.

Pihaknya di dewan, ujar politisi Partai Gerindra ini, terus mondorong perbaikan dan pembangunan infrastruktur tersebut, diantaranya yang sudah berhasil pembangunan jembatan Pulau Bromo di Mantuil, Banjarmasin Selatan.

Salah satu jembatan yang besar lagi madih dalam proses pembangunan saat ini ditarget rampung akhir tahun nanti adalah Jembatan HKSN yang menghubungkan wilayah Banjarmasin Utara dan Banjarmasin Barat, kata HM Yamin.

Pun tak ketinggalan soal infrastruktur jalan, aspirasi masyarakat terus diperjuangkan pihaknya untuk dikerjakan pemerintah kota, di mana sebagian besar sudah diwujudkan.

"Kami di dewan akan terus mengabdi untuk rakyat, kami berharap di usia 495 tahun ini banyak kemajuan yang bisa diciptakan, di mana kami di sana ikut memperjuangkannya sesuai amanah rakyat," ujarnya.
Rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin pada peringatan Harjad ke-495 di gedung dewan kota, Jumat (24/9/2021/). ANTARA/Sukarli.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021