Alumni Akabri angkatan 1996 membantu 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk bisa menembus pasar online atau daring agar bisa bertahan di masa pandemi COVID-19.

"Saat ini platform digital dengan berbagai e-marketplace yang bermunculan harus pula dikuasai pelaku UMKM agar usahanya bisa berkembang dengan pasar yang luas tanpa batas," kata Ketua Pelaksana 25 tahun mengabdi Akabri 1996 Bharatasena Kombes Pol Hendri Budiman di Banjarmasin, Kamis.

Menggandeng tiga e-Commerce terkemuka yaitu Tokopedia, Shopee dan BukaLapak, alumni Akabri 1996 di Polda Kalsel mencoba mewadahi pelaku UMKM mengenal sistem perdagangan elektronik.

"Mungkin sudah banyak yang merambah pasar daring  tapi tidak sedikit pula pelaku usaha tak bisa bertahan akibat kurang memahami sistemnya secara benar," katanya.

Dia berharap pelaku UMKM benar-benar bisa berkembang dengan pemasaran berbasis digital ini.

 Hendri yang menjabat Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel mnambahkan arahan Presiden Joko Widodo sektor ekonomi harus dibangkitkan di tengah badai pandemi yang telah memukul semua lini kehidupan.

Menurut dia, ekonomi Indonesia ditopang sekitar 64 juta UMKM atau 99 persen dari total pelaku usaha sehingga penting UMKM untuk terus didorong bisa berjalan.

Semwntara itu, pelatihan dan pengembangan UMKM tersebut mendapat apresiasi langsung dari Ketua DPR RI Puan Maharani yang melakukan video conference bersama  Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto bersama forkopimda Kalsel turut hadir di acara yang dipusatkan di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri Mapolda Kalsel.

Rikwanto menyapa langsung pelaku UMKM yang mayoritas ibu-ibu dengan usahanya ekonomi kreatif seperti olahan makanan, produk kain Sasirangan dan lainnya.
Para alumni Akabri 1996 di Polda Kalsel yang menginisiasi pelatihan UMKM. (ANTARA/Firman)


Dalam rangkaian 25 tahun mengabdi, Akabri 1996 Bharatasena juga menggelar vaksinasi massal serentak secara nasional hari ini. 

Untuk Polda Kalsel, ada 1.996 orang divaksinasi sekaligus membagikan 2.200 paket paket sembako bagi masyarakat terdampak pandemi.

Terdapat lima orang alumni Akabri 1996 di Polda Kalsel. Selain Kombes Pol Hendri Budiman, ada Direktur Reserse Narkoba Kombes Pol Tri Wahyudi, Kabid Keuangan Kombes Pol Hermawan, Kasubdit IV Renakta AKBP Afebrianto Widhi Nugroho serta Kabag Wassidik Ditresnarkoba AKBP Sigit Kumoro.   

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021