Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) berpendapat, perlu langkah inovasi dalam menggali dan mengelola pendapatan daerah.

Wakil Ketua Banggar Muhammad Syaripuddin SE MAP yang juga Wakil Ketua DPRD Kalsel mengemukakan itu saat monitoring dan evaluasi pendapatan daerah ke Kabupaten Tabalong, ujar Humas Setwan provinsi setempat melalui WA-nya, Rabu (22).

Banggar DPRD Kalsel dengan pimpinan Wakilnya M Syarifuddin kunjungan kerja (Kunker) ke Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD/SAMSAT) Tabalong  di Tanjung (Ibukota kabupaten tersebut, 237 kilometer utara Banjarmasin), Selasa 21/9) lalu.

Kunker Banggar ke "Bumi Saraba Kawa" Tabalong tersebut dalam rangka monitoring evaluasi terkait potensi pendapatan daerah, baik di kabupaten itu khususnya maupun dalam korelasi dengan Kalsel pada umumnya.

Wakil Ketua Banggar DPRD Kalsel M. Syaripuddin selaku pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan yaitu dalam rangka kegiatan monitoring terkait dengan potensi pendapatan sebagai salah satu sumber penerimaan daerah yang nantinya akan menjadi sumber terhadap pembiayaan dan belanja daerah.

“Berkenaan dengan hal tersebut tentunya sangat diperlukan langkah dan inovasi dalam pengelolaan keuangan daerah ke depan, terutama dalam kebijakan-kebijakan pada struktur pendapatan daerah agar porsi anggaran belanja yang sudah diprogramkan pada APBD dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ucap Bang Dhin (sapaan akrab M Syaripuddin)
Foto bersama usai pertemuan Banggar DPRD Kalsel dengan UUPD/Samsat Kabupaten Tabalong di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin),.Selasa 21 September 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Rombongan kunjungan kerja tersebut, diterima Plt. Kepala UPPD Bumi Saraba Kawa Tabalong Wahid Ramadhan, S.Sos., di ruangannya di "Kota Minyak" Tanjung.

Dalam kesempatan tersebut, Wahid mengatakan bahwa kondisi pandemi COVID-19 cukup berpengaruh terhadap penerimaan pendapatan daerah di UPPD Tanjung, namun saat ini kondisi tersebut berangsur-angsur mengalami perbaikan dan peningkatan.

“Badan keuangan daerah pada saat ini memang konsentrasi terhadap upaya pemungutan pajak air permukaan kepada perusahaan-perusahaan penggunanya yang beroperasional di Kalimantan Selatan,” ucap Wahid.

Banggar DPRD Kalsel mengapresiasi UPPD Tanjung yang telah bekerja secara maksimal dalam memberikan kontribusi penerimaan daerah bagi Provinsi Kalsel walaupun di tengah pandemi covid-19 dan harapannya dapat terus menjaga trend positif pada sisa tahun anggaran.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021