Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin menyampaikan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022 untuk dibahas bersama anggota dewan hingga ditetapkan menjadi perda. 

Rapat paripurna penyampaian RAPBD 2022 gedung DPRD Banjarbaru, Senin dipimpin Ketua DPRD Fadliansyah dan dua unsur pimpinan dewan serta diikuti sebagian besar wakil rakyat di lembaga legislatif setempat. 

"Rancangan APBD tahun 2022 yang kami sampaikan masih fokus pada penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi COVID-19," ujar wali kota didampingi Wawali Kota Wartono usai paripurna. 

Selain itu, kata Opie sapaan akrab wali kota, anggaran dialokasikan untuk merealisasikan sejumlah program yang menjadi janji politik yang telah disampaikan saat kampanye pada pencalonan kepala daerah. 

Disebutkan, salah satu janji politik yang akan direalisasikan tahun depan adalah program Rukun Tetangga (RT) mandiri baik mandiri organisasi maupun administrasi yang dilakukan secara bertahap. 

"Program RT mandiri merupakan salah satu janji kami saat kampanye yang dimasukan dalam visi misi sehingga akan diwujudkan tahun 2022 tetapi bertahap 5 RT percontohan setiap kelurahan," ujarnya. 

Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah mengatakan, RAPBD yang sudah disampaikan wali kota diterima dan akan melalui proses pemandangan umum fraksi-fraksi sebelum dibahas di tingkat panitia khusus. 

"Sesuai tahapannya, RAPBD yang disampaikan wali kota akan dicermati fraksi-fraksi. Hasilnya disampaikan melalui pemandangan umum, setelah itu baru dibahas di tingkat panitia khusus," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021