Barabai,  (AntaranewsKalsel) - Banyak desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, hingga kini belum melengkapi persyaratan pencairan dana desa sehingga dana untuk mempercepat pembangunan desa tersebut belum bisa dimanfaatkan.


Bupati Hulu Sungai Tengah, Harun Nurasid di Banjarmasin, Senin mengatakan, dari 161 desa di daerah yang dia pimpin, baru 30 desa yang telah memenuhi syarat pencairan dana.

Menurut Harun, seharusnya desa yang belum menyiapkan RPJMDes, RKPDes, dan APBDes agar segera mempercepat penyelesaiannya, karena hal tersebut merupakan persyaratan pencairan dana desa program dari pusat untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Di HST baru ada 30 Desa yang sudah menyelesaikan persyaratan, dan 10 diantaranya berasal dari kecamatan Haruyan, saya berharap desa-desa lain juga cepat menyerahkan persyaratan untuk pencairan dana desa, dan pemerintah desa, jangan salah menggunakan anggaran ini," katanya.

Menurut dia, perlu kerjasama dari pemerintah desa dan masyarakat desa dalam penyusunan program pembangunan desa, sehingga desa benar-benar dibangun sesuai dengan kehendak masyarakat.

Pernyataan tersebut, juga disampaikan bupati dalam safari Ramadhan pejabat pemerintahan kabupaten HST di Masjid Miftahul Khair Desa Pangambau Hilir Luar Kecamatan Haruyan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan bantuan dana kepada badan, lembaga, organisasi dan tempat ibadah yang ada di kecamatan sebesar Rp289.000.000.

Menurut Bupati, melalui safari Ramadhan dengan mengunjungi desa-desa, dalam rangka ingin melihat dari dekat problematika yang ada di desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah HST H A Agung Parnowo, Dandim 1002/Barabai Letkol Infantri Krido Pramono, Ketua TP PKK HST Hj. Tintainah Harun Nurasid, Ketua DPD KNPI HST Hj Suryatin Hidayah, para Kepala SKPD Lingkup Pemkab HST, dan unsur Muspika Kecamatan Haruyan.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015