Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan M Taufik Rivani saat menyampaikan laporan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 tingkat Kota Banjarmasin mengatakan, Peringatan Haornas kali ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan dan disertai beragam persyaratan ditetapkan Tim Satgas COVID-19.

"Jumlah peserta mengikuti kegiatan ini lebih kurang 150 orang atau 25 persen dari kapasitas pengunjung," ujar Kadispora Kota Banjarmasin, Kamis (9/9).

Untuk tema Haornas 2021, sebut dia, adalah, Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Sementara itu,  Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, peringatan Haornas tersebut sudah sesuai aturan Inmendagri Nomor : 40 tahun 2021, yang kemudian dituangkan ke dalam surat edaran Walikota Banjarmasin. 

“Mudah-mudahan ini bisa di sosialisasikan kepada masyarakat, sehingga  tidak ada yang salah persepsi. Ini sudah sesuai dengan aturan Imendagri Nomor : 40 tahun 2021 yang kita adopsi ke dalam surat edaran Walikota Banjarmasin terakhir,"terangnya.

Lebih jelas dikatakannya, kegiatan PPKM Level IV yang telah ditetapkan pemerintah pusat itu, agak berbeda dengan kegiatan PPKM Level IV sebelumnya. 

Untuk PPKM level IV saat ini, terang dia,  terdapat sedikit kelonggaran dalam hal aktifitas masyarakat, seperti mall, rumah makan, sanggar senam, sanggar olahraga diperbolehkan buka dengan ketentuan hanya untuk 25 persen pengunjungnya.  

Selain itu, sebut dia, fasilitas publik dan tempat pariwisata  juga diperbolehkan dibuka, dengan ketentuan yang sama hanya diperuntukan 25 persen pengunjungnya.

“Tetap terapkan protokol kesehatan pakai masker.  Saya kira ini adalah situasi yang baik, mudah-mudahan kegiatan olahraga yang menyehatkan masyarakat ini bisa terus kita laksanakan walaupun hanya 25 persen,” tandasnya.

Acara peringatan Haornas juga ditandai dengan pelepasan dua puluh enam atlet Kota Banjarmasin yang akan bertanding dalam Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI dan kontingen atlet yang bakal berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Papua pada November 2021 nanti.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor,  para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin dan Ketua Bidang I TP PKK Kota Banjarmasin Hj Hardiyanti. 

Acara yang dikemas dengan sangat sederhana tersebut juga ditandai dengan pengalungan medali dan pengalungan selempang sasirangan.

Selain itu, juga dilakukan  penyerahan sertifikat kepada atlit dan pelatih pencak silat peraih medali emas kejuaraan dunia vitual 2021 di Belanda. 
 
Pemerintah Kota Banjarmasin memperingati Hari Olahraga Nasional 2021, Kamis (9/9).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Kota Banjarmasin.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021