Tim Penggerak PKK di 20 kecamatan di Kabupaten Kotabaru, mengikuti sejumlah lomba yang digelar dalam rangka memperingati  Hari Kesatuan Gerak PKK.

Ketua Pokja 3 TP PKK Kotabaru, Rasidah, mengatakan, lomba yang digelar meliputi lomba masak dengan bahan baku serba ikan, dan menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), serta Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

"Penilaian lomba dilakukan dari beberapa segi, seperti cara penyajian, kreasi pengolahan, citarasa, gizi yang terkandung dalam masakan dan lainnya," ujarnya.

Tim penilai dari Dinas kesehatan, Dinas ketahanan pangan, Dinas perikanan, chef restoran, dari TP PKK Kotabaru, dan chef Agus sasirangan.

Rasidah juga menuturkan bahwa, pelaksanaan lomba rutin dilaksanakan tiap tahunnya, dan dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG).

Ketua TP PKK Kotabaru, Hj Fatma Idiana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi.

"Untuk meningkatkan konsumsi ikan dan perubahan konsumsi pangan berbasis lokal di masyarakat tentunya haruslah dimulai dari peningkatan konsumsi ikan dan perubahan pangan lokal di keluarga," ucapnya.

Guna meningkatkan konsumsi ikan dan olahan berbasis bahan lokal, maka membudayakan makan ikan dan makan dengan berbahan lokal dikalangan generasi muda adalah satu keharusan.

"Melalui gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemarikan) dan festival pangan desa diharapkan tumbuh kesadaran baik individu maupun semua lapisan masyarakat, “tambahnya.

Ia mengharapkan agar produk-produk ini dapat terus dibina dan ditingkatkan mutunya sehingga dapat bersaing di pasaran.

Pewarta: Imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021