Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin mewacanakan menutup jalan Pramuka yang sejalur dengan jalan Terminal Kilometer 6 guna mengembangkan terminal tersebut agar bisa naik kelas menjadi terminal tipe "A."

"Karena nantinya terminal itu menjadi terminal tipe "A" pastinya harus tidak ada lagi jalan umum yang sejalur dengan jalan terminal," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Banjarmasin Ir Nurul Fajar Desira Ces, Minggu.

Menurut dia, Jalan Pramuka yang menjadi jalan umum selama ini hingga ke Terminal Kilometer 6 perlu dipikirkan tindak lanjutnya kedepan, alternatifnya ditutup yang kearah terminal atau dialihkan dengan membuat jalan baru.

"Wacana kuat kedepan memang akan dibuat jalan baru tidak lagi searah dengan jalan terminal, mungkin tembusnya nanti dekat perpustakaan daerah, " ucapnya.

Fajar tidak memungkiri adapula pemikiran dan wacana pembuatan jalan layang untuk menghubungkan jalan Pramuka dengan jalan protokol A Yani untuk tidak lagi sejalur dengan jalan terminal.

"Semua ini masih sebatas wacana, perlu dilakukan pengkajian lebih dalam lagi untuk mewujudkannya," tutup Fajar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Banjarmasin Kasman menyatakan, memang perlu solusi agar Terminal Kilometer 6 tidak lagi terbelah jalan, apalagi jalan umum.

Apalagi, ujar dia, pemerintah kota menginginkan terminal tersebut bisa dinobatkan katagore terminal tipe "A" di provinsi ini nantinya.

"Wajar keinginan itu, karena kita berpikirnya keberadaannya di ibu kota provensi, bisa nobatkan sebagai terminal bertipe "A", 1 atau 2 atau 3, yang mana saja," ucapnya.

Sebab, kata Kasman, Terminal Kilometer 6 yang sudah sejak dulu dikenalnya terminal induk ini sudah dilakukan pembenahan secara total baik sarana dan prasarananya untuk menjadikannya sebagai terminal bertarap nasional yang ditargetkan tahun ini selesai.

"Secara fisik sekarang ini pembangunan Terminal Kilometer 6 sudah hampir selesai, atau sudah mencapai 90 persen jalannya pembangunannya," ucapnya.

Menurut dia, pembenahan Terminal Kilometer 6 ini menghabiskan dana hingga selesai nanti totalnya sekitar Rp24,9 miliar dari APBD kota Banjarmasin.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015