Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Kepala Divisi Pemasyarakatan Kawil Kemenkumham Kalsel Harun Suliato meminta Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Teluk Dalam untuk terus melakukan peningkatan keamanan dan pembinaan serta pelayanan terhadap warga binaan pemasyarakatan yang berada di Lapas tersebut.


"Walau Bulan Ramadhan pengawasan terhadap keamanan serta pembinaan terhadap warga binaan jangan sampai menurun dan harus lebih ditingkatkan lagi," ucapnya di Banjarmasin, Minggu.

Ia mengatakan keamanan yang harus diperhatikan di antaranya kepada para pembesuk warga binaan di Lapas harus perhatikan betul barang-barang titipan pembesuk dan periksa dengan seksama setiap pembesuk atau barang titipan yang mencurigakan.

Bukan itu saja pengontrolan terhadap ruang tahanan dan jumlah warga binaan harus sering dilakukan untuk antisipasi hal-hal yang tidak diingikan.

"Saya hanya minta kepada para pegawai di Lapas selama Bulan Ramadhan ini segalanya lebih ditingkatkan dengan ekstra dari pada bulan sebelumnya," tuturnya.

Harun terus mengatakan, terkait dengan peningkatan pembinaan serta pelayanan terhadap warga binaan di Lapas khususnya yang paling harus diperhatikan adalah air untuk mereka berwudhu guna melaksanakan shalat.

Selain itu juga perhatikan menu makanan buat meraka sahur dan berbuka puasa jangan sampai adanya keluhan dan makanan yang disajikan terkesan asal-asalan dengan rasa yang kurang.

Untuk titipan takjil berbuka puasa yang dititipakan oleh keluarga dari warga binaan jangan sampai adanya pungutan liar dengan meminta uang kepada keluarga mereka.

"Apabila masih ada pungutan liar di setiap Lapas yang ada di wilayah Kalsel silahkan informasikan dan setiap informasi yang didapat pasti kami tindak lanjuti," tuturnya.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015