Tanjung, (Antaranews, Kalsel) - Bantuan lima unit minibus berkapasitas 13 penumpang senilai Rp 1,7 Milyar lebih, yang diserahkan External Division Head PT Adaro Indonesia, Rizki Dartaman, Selasa (16/6), saat peluncuran program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera, Bersih, Sehat, Indah, dan Religius (Gerbang Emas Bersinar).

    
Tahun 2014, Adaro bersama mitra kerja, juga menyerahkan bantuan angkutan kota jenis APV berkapasitas 10 penumpang, senilai Rp 1,6 Milyar dan saat ini, total sarana angkutan publik bantuan Adaro yang dimiliki Tabalong berjumlah 13 unit.  
    
Pada kegiatan yang berlangsung di Desa Juai, Tanjung, Tabalong ini, Anang Syakhfiani mengatakan, lima unit minibus tersebut akan dipergunakan untuk angkutan guru dan murid, namun penggunaannya juga bakal mengakomodir keperluan jasa angkutan bagi masyarakat umum.

"Saya berharap, kerjasama dan kebersamaan yang terjalin selama ini, antara pemerintah dan Adaro, terus berlanjut, agar kehadiran Adaro juga dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Tabalong. Angkutan ini bebas biaya, alias gratis," ujar Anang.
     
Selain lima unit microbus, Adaro turut berperan dalam upaya mewujudkan desa mandiri dengan sokongan dana CSR senilai Rp 700 Juta, di tiga desa, Desa Harus, Desa Padang Panjang, dan Masingai 2.
    
Menurut Rizki Dartaman, kendati Adaro masih dihadapkan pada kondisi bisnis yang belum membaik, komitmen untuk mensinergikan program pemberdayaan masyarakat bersama pemerintah, akan terus berjalan. 
   
 "Ini tentunya selaras dengan tujuan kita, yang menginginkan hadirnya masyarakat yang sejahtera dan mandiri paska tambang. Untuk mewujudkan hal itu, tentu diperlukan proses yang tidak mudah, sehingga implementasi program CSR akan menyasar pada program yang sifatnya berkesinambungan," ujarnya.   
    
Saat ini, kata Rizki, kebutuhan masyarakat yang menjadi dasar program CSR Adaro, terus berupaya diselaraskan dengan kebijakan pemerintah, sehingga pelaksanaannya bisa saling melengkapi.
    
Kegiatan yang juga dihadiri Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan ini, sejumlah bantuan berupa beras miskin, dana permodalan kelompok tani, hingga bibit tanaman lokal, turut dibagikan.
    
Rencananya, peluncuran program Gerbang Emas Bersinar, pada tahap awal akan diterapkan di 12 desa di wilayah Tabalong. Jika sesuai dengan harapan, pada 2016 mendatang, pelaksanaan program tersebut akan diperluas hingga ke seluruh desa di Tabalong. (Adv)

Pewarta: herlina lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015