DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan memantau persiapan dan pendanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tahun 2024 secara serentak seluruh Indonesia, termasuk di provinsinya.

"Pada kesempatan kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah kali ini, kami memantau persiapan dan pendanaan Pilkada 2024 Kabupaten Tabalong," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H Suripno Sumas SH MH di Banjarmasin, Kamis (2/9) sebelum ke Tanjung.

"Komisi I yang diketuai Dra Hj Rachmah Norlias ingin memastikan persiapan dan pendanaan Pilkada 2024 di Tabalong atau kabupaten paling utara provinsi tersebut," lanjutnya menjawab Antara Kalsel.

Pasalnya, menurut anggota DPRD Kalsel dua periode itu, Pilkada 2024 cukup berat karena pada tahun bersamaan pelaksanaan Pemilu atau pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres).

"Oleh sebab itu, kami perlu memantau persiapan dan pendanaan, yang hasil pemantauan tersebut akan menjadi pembahasan kami di tingkat provinsi," tegasnya.

"Dalam Kunker ke 'Bumi Saraba Kawa' Tabalong, yang dijadwalkan, 2 - 4 September 2021 tersebut, sasaran utama kami Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) kabupaten setempat di Tanjung (237 kilometer utara Banjarmasin)," demikian Suripno Sumas.

Kalsel dengan luas wilayah sekitar 3,7 juta hektare kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021