Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin mengatakan, kasus penularan dan penyebaran COVID-19 sudah mulai melandai seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di kota setempat.

"Kasus penularan dan penyebaran COVID-19 sudah mulai melandai dan terus turun. Semua berkat kerja sama pemkot dengan berbagai pihak dan elemen masyarakat," ujarnya di Kota Banjarbaru, Jumat. 

Pernyataan itu disampaikan wali kota didampingi Wakil Wali Kota Wartono di depan anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tabalong yang melakukan kunjungan kerja ke Pemkot setempat.

Menurut wali kota, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak maupun elemen masyarakat untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19 mulai dari organisasi kemasyarakatan, swasta, OKP dan unsur lainnya. 

Dicontohkan, salah satu contoh kerja sama dan sinergitas yang terjadi selama pandemi COVID-19 di Kota Banjarbaru yakni penyediaan bantuan makanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

"Dapur umum kami bukan untuk menyiapkan makanan cepat saji untuk warga isoman dibantu warga lainnya yang sukarela termasuk sukarelawan menyalurkan makanan dari rumah ke rumah," ungkapnya. 

Ditekankan, pihaknya menjalankan testing, tracing and treatment (3T) dengan baik sehingga pendataan bisa terlacak jelas dan otomatis jumlah kasus naik seiring diketahui mereka yang terpapar COVID-19. 

Terkait kunjungan kerja wakil rakyat dari Kabupaten Tabalong dipimpin Supoyo, wali kota menyampaikan terima kasih dan berharap pertemuan dapat membawa manfaat terutama bagi anggota komisi III tersebut.

Selain didampingi wakil wali kota saat menerima kunjungan, wali kota juga didampingi Kepala Dinas Sosial Rokhyat Riyadi dan Kabag Humas Protokol Sekretariat Daerah Kota Banjarbaru Dedy Sutoyo. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021