Perwira koordinator kegiatan serbuan vaksin Kodim 1003 Hulu Sungai Selatan (HSS), Kapten Inf Yus Kristali, pihaknya melalui Babinsa terus mensosialisasikan mengajak masyarakat warga binaanya untuk divaksin.

Ia mengatakan, berawal dari itulah maka mulai pagi hari di Makodim 1003/HSS yang beralamat di Jalan A Yani Kelurahan Kandangan Kota, Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSSsudah ramai di datangi masyarakat.

"Kegiatan serbuan vaksin COVID-19 19 hari ini merupakan lanjutan dari hari kemarin, target yang harus di capai pada hari ini sebanyak 260 dosis," katanya, Rabu (25/8) kemarin.

Dijelaskan dia, para peserta kegiatan vaksin mematuhi protokol secara ketat seperti, mencuci tangan di air yang mengalir, memakai masker, serta menjaga jarak saat menunggu antrian.

Ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat akan kesehatan sudah mulai tumbuh, fungsi vaksin COVID-19 untuk mencegah penularan, serta mencegah seseorang yang sudah tertular agar tidak mengalami gejala yang buruk akibat terinfeksi virus.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan uji keamanan dan mutu sebelum vaksin diberikan kepada masyarakat, jadi vaksin ini betul betul aman dan halal.

Begitupun untuk upaya penanggulangan pandemi COVID-19 tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun perlu sinergitas dan kontribusi dari semua elemen bangsa.

"Pasalnya pandemi COVID-19 telah memaksa masyarakat HSS, bahkan masyarakat Indonesia untuk membatasi aktivitas karena penyebarannya yang masif, dengan resiko kesakitan dan kematian yang signifikan," katanya.

Menurut dia, banyak masyarakat terpaksa tinggal dirumah dan hampir semua aktivitas dilakukan dalam ruangan, sementara itu penyebaran Pandemi COVID-19 belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir.

Salah satu peserta vaksin, Fitriani, mengatakan sehabis sholat shubuh sudah datang ke kodim 1003/HSS, agar dapat nomer antrian lebih awal.

Baca juga: HSS lampaui target sampai 124 persen dalam pelayanan KB gratis serentak

Baca juga: Ratusan warga antusias ikuti serbuan vaksin Kodim HSS

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021