Ratusan warga menunggu giliran dengan tertib untuk mendapatkan vaksin COVID-19, kegiatan ini dilaksanakan Kodim 1003 Hulu Sungai Selatan (HSS) dalam program serbuan vaksin untuk mengatasi pandemi, khususnya di Kabupaten HSS.

Perwira koordinator kegiatan, Kapten Inf Yus Kristali, Selasa (24/8), mengatakan vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, bertempat di Makodim 1003 HSS, di Jalan A Yani Kelurahan Kandangan Kota, Kecamatan Kandangan.

"Serbuan vaksin yang kesekian kali ini merupakan salah satu wujud pengabdian TNI AD (Kodim 1003/HSS), terhadap pemerintah dalam memerangi penyebaran COVID– 19," katanya.

Dijelaskan dia, serbuan vaksin kali ini menyasar mulai anak usia remaja sampai orang dewasa, baik pemberian dosis pertama maupun yang kedua, namun dihimbau kepada seluruh masyarakat, meski sudah divaksin Covid-19, tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Baik untuk memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan COVID-19,masyarakat bisa mencegah menyebarkan virus corona ke orang lain.

"Jika cakupan vaksinasi tinggi dan merata di suatu daerah, maka akan diharapkan dapat terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity, vaksinasi diadakan juga untuk jangka panjang untuk mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri," katanya.

Terpantau terjadi antrian yang cukup panjang, menunjukan bahwa antusias kesadaran masyarakat untuk mendapatkan vaksin sangat baik, vaksin ini bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 serta menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

Baca juga: 60 orang peserta ikuti komunikasi sosial Kodim HSS

Baca juga: Edaran bersama, semua tempat wisata di HSS ditutup sementara

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021