Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPKBPPA) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj Is Susilastuti, menyampaikan pelayanan KB gratis sudah mencapai 124 persen atau melampaui target yang ditetapkan secara nasional.

Ia mengatakan, target nasional kegiatan ini adalah sejuta akseptor, dan untuk Kabupaten HSS mendapat jatah 2.399 orang yang dilayani secara gratis secara serentak hari ini, Senin (29/6).

"Alhamdulillah dari jatah yang ada sampai saat ini melampaui target yang ada, yakni sudah mencapai 124 persen. Pelayanan sendiri tetap akan dilaksanakan sampai dengan pukul 16.00 Wita," katanya, usai peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2020 tingkat Kabupaten HSS.

Baca juga: Virtual meeting, Kadis PPKBPPPA HSS ingatkan tetap waspada COVID-19

Dijelaskan dia, pelayanan KB gratis yang diberikan berupa pemasangan Implan, suntikan dan pil dan semua input data dari kegiatan ini akan dilaporkan secara online ke pusat, lengkap sesuai data kependudukan yang ada.

Pelayanan KB gratis ini dilakukan secara serentak di semua kecamatan, dan di kabupaten secara simbolis menggunakan mobil operasional keliling, dengan dukungan para tenaga kesehatan dan personil TNI dari Kodim 1003 Kandangan yang juga terlibat membantu kegiatan ini.

Kegiatan ini juga dilakukan dengan protokol pencegahan penularan COVID-19 yang ketat, sehingga para petugas yang melaksanakan tetap menggunakan Alat Pelindung Diri(APD) lengkap.

Baca juga: Penyuluhan KB HSS secara daring, cegah penularan Corona

Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, mengatakan pihak TNI dari Kodim 1003 Kandangan terlibat langsung dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan seluruh Babinsa di 11 Kecamatan untuk mendampingi, mendorong dan mengarahkan warga masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini.

Diharapkan agar warga masyarakat bisa memanfaatkan dan datang mengikuti kegiatan ini, karena ini dilaksanakan secara serentak dan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Adapun kegiatan pelayanan KB gratis ini dalam rangka untuk mengisi peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-27 tahun 2020 tingkat kabupaten, bertempat di halaman kantor Bupati HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020