Empat program doktor (S3) yang kini dimiliki Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meneguhkannya menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Kalimantan dengan akreditasi A.

"Alhamdulilah tahun ini ada tambahan dua program doktor yang sudah mengantongi izin dan Insya Allah bulan depan satu lagi keluar izinnya," terang 
Direktur Pascasarjana ULM Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD di Banjarmasin, Selasa.

Dua program doktor tersebut yakni Studi Pembangunan dan Ilmu Lingkungan. Sedangkan yang juga sudah berproses di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menunggu izinnya terbit yaitu Ilmu Hukum.

Sebelumnya ULM telah memiliki Program Doktor Ilmu Pertanian konsentrasi Pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan yang sudah menghasilkan belasan orang lulusan.

"Bertambahnya program doktor ini tentunya dapat menjadi pilihan masyarakat khususnya di Kalimantan  termasuk para dosen yang masih S2 guna meningkatkan kualifikasi pendidikannya," jelas Prof Sur, sapaan akrab Ahmad Suriansyah.

Menurut dia, tingginya jenjang pendidikan pada akhirnya dapat meningkatkan sumber daya manusia dan memberikan dampak positif bagi kemajuan suatu daerah.

Pascasarjana ULM secara konsisten mencetak magister dan doktor setiap tahunnya. Termasuk pada Wisuda ke-102 ULM hari ini, ada 56 orang lulusan magister dan tiga doktor dilepas.

Adapun peraih gelar akademik tertinggi terbaru dari Program Doktor Ilmu Pertanian tersebut, yakni Dr Ir Ahmad Khairin MP, Dr Muhamad Nur SPi MS dan
Dr Susilawati SHut MP. 

Prof Sur mengaku bangga atas pencapaian lulusan tahun ini. Dimana untuk lama studi program magister semakin singkat yaitu rata-rata 2,7 tahun. Hal itu menunjukkan kinerja akademik yang bagus sebagaimana diharapkan, yakni maksimal 3 tahun.

Begitu pula kelulusan tiga orang doktor sekaligus, turut menjadi prestasi tersendiri bagi Universitas Lambung Mangkurat di bawah komando sang rektor Prof Sutarto Hadi.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021