Sahabat Indonesia Satu Provinsi Kalimantan Selatan yang pengurusnya diketuai Dr dr Dharma PTR Maluegha resmi dikukuhkan untuk periode 2021--2025. Di saat bersamaan Sahabat Indonesia Satu Kalsel dinyatakan sukses menggelar lomba nyanyi virtual tingkat SD dan SMP secara nasional.

Untuk pengukuhan pengurusan Sahabat Indonesia Satu Kalsel yang didalamnya ditunjuk sebagai penasehat Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan H Hesly Junianto SH MH dilaksanakan secara virtual, Selasa.

Ketua Umum Sahabat Indonesia Satu Pusat, Sastra Hanjanto Tdjokusumo yang mengukuhkan secara resmi kepengurusan Sahabat Indonesia Satu Kalsel menyatakan, mengapresiasi atas suksesnya Sahabat Indonesia Satu Kalsel menggelar lomba nyanyi virtual tingkat nasional.

"Sebelum dikukuhkan, para pengurusnya sudah kompak dan sudah bisa menyukseskan lomba nyanyi virtual tingkat SD SMP secara nasional, kami sangat mengapresiasi semua sumbangsih bagi negeri tercinta ini," ujarnya.

Sastra menyampaikan, Sahabat Indonesia Satu ini adalah menebar cinta kepada tanah air.

"Istilahnya bukan menebar virus COVID-19, tapi menebar virus cinta kepada tanah air," tuturnya.

Dia menyatakan, Sahabat Indonesia Satu sangat mengedolakan WR Supratman, dengan sebuah lagu Indonesia Raya yang diciptakannya dapat menyatukan bangsa Indonesia yang beraneka ragam suku dan agama.

"Mudah-mudahan Sahabat Indonesia Satu ini juga mengikuti jejak beliau, hingga kesatuan dan persatuan kita sebagai bangsa Indonesia terjaga dan jauh dari intoleransi," ujarnya seraya mengucapkan selamat kepada semua pengurus Sahabat Indonesia Satu Kalsel.

Ketua Sahabat Indonesia Satu Kalsel Dr dr Dharma PTR Maluegha mengatakan, bersedianya dirinya juga teman-teman seniman lainnya bergabung di sini atas dasar sama-sama prihatin atas anak-anak yang sekarang ini lebih suka menyanyikan lagu-lagu orang dewasa.

"Kasian mereka kalau kehilangan sejarah bangsa ini, apalagi tidak sampai tahu lagu-lagunya, ini akan kita coba bangkitkan lagi," papar dokter ahli bedah plastik tersebut.

Menurut dia, bangsa ini sedang terpuruk tidak hanya karena pandemi COVID-19, namun juga moral sebagai anak bangsa yang mulai luntur akan kecintaan terhadap tanah air, hingga pihaknya coba turun di sini dengan sasaran generasi muda yang akan jadi pewaris negeri ini.

"Sekecil apapun bisa kita berbuat moga dapat mengarahkan anak-anak kita ke jalan lebih baik, karena masa depan mereka panjang untuk negeri ini," paparnya.

Dr Dharma menyatakan, lewat komunitas seni ini, bisa memperkenalkan banyak hal kepada anak-anak akan keindahan, kebhenikaan dan ketoleransian bangsa ini, baik lewat lagu atau pun seni lainnya.

"Jadi kita coba bisa mengambil peran di sini untuk generasi akan datang, kita terbuka semuanya untuk gabung di sini demi Indonesia Satu," tuturnya.

Sementara itu, penasehat Sahabat Indonesia Satu Kalsel H Hesly Junianto mengatakan, kegiatan Sahabat Indonesia Satu adalah edukasi kepada anak untuk mengenalkan rasa persatuan dan kesatuan di negeri ini.

"Jadi sejak dini kita tanamkan itu untuk cinta NKRI, tentunya sudah harga mati," tegasnya.

Adapun kegiatan lomba nyanyi virtual tingkat SD dan SMP secara nasional diikuti kurang lebih 40 orang.

Dipilih tiga masing-masing yang menjadi peserta terbaik, baik tingkat SD dan SMP.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021