Pandemi COVID-19  masih mewabah saat ini tidak menyurutkan semangat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanah Laut, Kalimantan Selatan untuk memperingati Hari Pramuka dan sekaligus perayaan HUT ke-60 Pramuka  Tahun 2021, Jum'at (20/8).

Pada acara itu, Bupati Tanah Laut HM Sukamta bertindak sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tanah Laut sekaligus Pembina Upacara di Halaman Kantor Bupati Tanah Laut.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam sambutan tertulis dibacakan Ketua Mabicab Tanah Laut HM Sukamta selaku pembina upacara mengajak seluruh andalan, majelis pembimbing, pelatih, pembina dan anggota Pramuka senantiasa disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi COVID-19. 

Menurut dia, Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional merupakan tema Peringatan Hari Pramuka Ke-60 dan  slogan merupakan inti tema peringatan  Pramuka Berbakti Tanpa Henti.

“Saya mengajak para Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku. Diharapkan Pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19,” ujarnya.

Lebih lanjut  Sukamta menyampaikan,  Gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka.

Pramuka, sebut dia, tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan, meskipun dalam kondisi wabah COVID-19.

Pramuka, jelas dia,  diharapkan dapat melakukan dua gerakan yaitu,  Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama makhluk hidup.

“Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang Pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” harapnya.

Untuk itu, bupati mengajak anggota dan pembina Pramuka agar terus berkegiatan Kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dia juga berharap, tersalurkannya kreativitas anggota melalui kegiatan Kepramukaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira guna menumbuhkan semangat dan imunitas semakin meningkat.

“Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan Pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti,” tegasnya.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pramuka Ke-60, Kwarcab Tanah Laut sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan,  seperti kegiatan donor darah, kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pelaihari dan Pelatihan Satgas Pramuka Peduli untuk para kader Pramuka.

Kwarcab Tanah Laut juga memberikan piagam penghargaan dan bingkisan atas dedikasi dan pengabdian untuk memajukan Kepramukaan di bumi Tuntung Pandang kepada para tokoh Pramuka Tanah Laut.
 
Bupati Tanah Laut HM Sukamta bertindak sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tanah Laut 
memberikan piagam penghargaan dan bingkisan atas dedikasi dan pengabdian untuk memajukan Kepramukaan di Bumi Tuntung Pandang kepada para tokoh Pramuka Tanah Laut di peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021, di halaman Kantor Bupati Tanah Laut, Jum'at (20/8).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021