Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry, bersama Wakil Bupati (Wabup) Syamsuri Arsyad, dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda ) HSS mengikuti peringatan Hari jadi Ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Tahun 2021 secara virtual melalui video confenrence.

Pelaksanaan peringatan Harjad Ke-71 Provinsi Kalsel Tahun 2021 berlangsung secara sederhana dan terbatas ini turut dihadiri secara virtual oleh seluruh Pemerintah Kabupaten atau Kota Se Kalsel, dengan mengambil tema “Rukui Hajat, Gawi Basumangat, Banua Harat”.

"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel, kami mengucapkan selamat memperingati Harjad Ke-71 kepada seluruh lapisan masyarakat Kalsel di manapun berada," kata Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Sabtu (14/8).

Dijelaskan dia, kendati peringatan kali ini berbeda dari peringatan-peringatan tahun sebelumnya, diperingati secara sederhana dengan penuh keprihatinan karena saat ini sedang berperang menghadapi pandemi COVID-19.

Berbagai rangkaian yang biasanya meramaikan peringatan hari jadi ditiadakan, semua ini semata-mata dalam rangka mencegah dan menghindari penularan COVID-19 yang saat ini penyebarannya masih tinggi.

Peringatan hari jadi diharapkan menjadi momentum terus menerus meningkatkan semangat persatuan semangat persaudaraan dan kegotong royongan, dalam melakukan pembangunan di seluruh wilayah banua.

"Sekaligus solidaritas dalam kepedulian berjuang bersama dalam menangani pandemi COVID-19 di Kalsel, serta menatap hari depan dengan penuh keyakinan dan optimisme," katanya.

Dengan bekerja bersama-sama seluruh masyarakat Kalsel bisa menghadapi COVID-19 dan selamat hingga pandemi dinyatakan hilang, upaya dan ikhtiar untuk memutus mata rantai penularan virus tidak akan pernah padam dan mundur selangkah pun.

Bersama-sama akan terus memperbaiki berbagai kekurangan dan kelemahan dalam penanganan pandemi, baik dalam peningkatan penerapan protokol kesehatan, vaksinasi, penyaluran bantuan sosial maupun pemulihan ekonomi.

Ia mengharapkan kesadaran dan kepedualian masyarakat terhadap bahaya pandemi ini, jika masyarakat disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan memakai masker menjaga jarak menghindari kerumunan dan serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih maka pandemi ini akan cepat kita atasi.

Melalui momentum peringatan ini, dirinya kembali mengajak seluruh masyarakat Kalsel mari bersama-sama dengan seluruh Forkopimda, sejak hari ini mari tekadkan diri mematuhi secara penuh protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan.

“Jagalah diri kita, saudara kita dan tetangga kita dari penularan COVID-19, kita akan terhambat dalam membangun banua dan memajukan masyarakat jika penularan tinggi dan pendemi ini terus terjadi, pembatasan-pembatasan terus diberlakukan, mari kita bekerja sama,” katanya.

Prasyarat pembangunan bisa terus berlanjut apabila pandemi bisa dikendalikan, keunggulan Kalsel sebagai gerbang ibukota negara dengan berbagai kekayaan sumber daya alam yang berlimpah akan bisa dimanfaatkan dengan maksimal, jika berhasil mengendalikan pandemi pada level yang terendah.

Ia mengajak momentum hari jadi dijadikan inspirasi untuk membangun banua secara bersama sama, memaknai tema harjad ini sebagai spirit untuk menyongsong perjalanan Kalsel lebih maju, lebih baik lebih sejahtera serta kehidupan rakyat yang semakin makmur.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat HSS mengucapkan Selamat Ulang Tahun dan Hari Jadi ke-71 Provinsi Kalsel.

"Dengan semangat bahwa provinsi itu milik kabupaten atau kota, dan kabupaten atau kota miliknya provinsi, serta semangat untuk bergerak bersama, mudah-mudahan di tahun- tahun depan Kalsel bisa lebih maju lagi," katanya, saat memberikan keterangan di pendopo kabupaten setempat.

Ia sependapat dengan apa yang disampaikan Pj Gubernur Kalsel, bahwa ditengah-tengah Pandemi COVID-19, sinergisitas Pemprov Kalsel dan Pemkab serta Pemkot sangat kuat dan bagaimanapun pandemi COVID-19 harus dihadapi bersama.

"Mudah-mudahan dengan momentum Harjad Ke-71 Kalsel ini, menjadi penyemangat kita untuk terus mensejahterakan masyarakat Kalsel, termasuk masyarakat di Kabupaten HSS," katanya.

Baca juga: Istighosah dan doa bersama Pemkab HSS sambut 1 Muharram

Baca juga: Bupati HSS tinjau kesiapan Paskibraka pastikan prokes terpenuhi

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021