Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota DPRD Kota Banjarmasin Zainal Hakim menyarankan, rencana pemerintah kota untuk melakukan pengadaan bus way sebaiknya dikaji dulu dengan betul, apakah trasportasi umum massal itu memang dibutuhkan ibu kota Kalsel ini.


Sebab, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, di Banjarmasin, Rabu, wilayah Kota Banjarmasin yang tidak begitu luas dengan jalan protokol yang artinya tidak begitu panjang mungkinkan bisa efektif dioprasikannya bus way.

"Lagian arus lalulintas di Banjarmasin juga tidak mengalami kemacetan parah, hingga trasportasi milik pribadi baik roda dua maupun roda empat cukup bisa berjalan lancar, mungkinkah sebagian besar orang akan beralih ketrasportasi bus way," ujarnya.

Menurut anggota komisi III ini, masalah semacam di atas itu perlu menjadi pertimbangan pihak Pemkot dalam hal ini yang akan ditangani Dinas Perhubungan, Komonukasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Banjarmasin, agar adanya bus way di daerah ini nantinya tidak terkesan program sia-sia atau tidak signifikan dimanfaatkan masyarakat.

"Belum, lagi reaksi pihak pemilik angkot kuning dengan keberadaan bus way ini nantinya, pastinya sangat dikeluhkan karena pendapatan mereka akan lebih berkurang," ucapnya.

Sebab, ungkap Zainal, saat ini eksistensi taksi angkot kuning yang beroprasi di dalam kota sudah jauh menurun, oleh karena sangat kurangnya penumpang, bahkan para sopirnya banyak menjerit hingga sering mengadukan nasib ke DPRD.

"Kita bisa membayangkan, keberadaan taksi argo saja mereka (supir angkot) sudah sangat keberatan, apalagi sampai bus way yang lebih banyak lagi mengambil penumpang," katanya.

Dia berharap, semua ini harus dipikirkan dengan baik, hingga kebijakan pemerintah tidak berimbas kepada kesengsaraan masyarakat, meskipun itu tidak mayoritas, debab mereka memiliki hak untuk mendapat perlindungan kesejahteraan dari pemangku negeri ini.

"Sebab, rencana pengadaan bus way ini tidak pernah juga dibicarakan secara mendalam dengan pihak dewan," akunya.

Sebagaimana diketahui, Kepala Dishubkominfo Kota Banjarmasin Kasman menyatakan, pihaknya sudah melayangkan proposal minta bantuan 10 unit bus way ke Kementerian Perhubungan RI.

  "Diharapkan pada 2016 bisa terealisasi, dan ini demi kemajuan trasportasi massal di daerah ini," ujarnya   

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015