Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru Taufik Rachman meminta masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan varian baru COVID-19. 

"Kami minta masyarakat wajib disiplin menerapkan protokol kesehatan agar varian baru COVID-19 tidak sampai menyebar di Banjarbaru. Prokes ketat efektif mencegah penularan virus," ujarnya di Banjarbaru, Ahad. 

Ia mengatakan, sejauh ini penularan varian baru COVID-19 masih belum ada di Banjarbaru tetapi kewaspadaan harus dilakukan sehingga virus yang bermutasi lebih ganas tidak semakin menyebar dan merenggut nyawa. 

Ditekankan, khusus pemakaian masker yang merupakan bagian dari protokol kesehatan disarankan sesuai anjuran pemerintah pakai masker dua lapis sehingga semakin melindungi diri dari tertular virus Corona. 

"Pakai masker hendaknya dua lapis sehingga lebih aman mencegah virus masuk disamping prokes lain yakni cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ucap politisi muda Partai Golkar itu. 

Dikatakan, pencegahan penularan COVID-19 bukan hanya saat berada di luar rumah maupun interaksi dengan orang lain, tetapi juga dijalankan di lingkup keluarga agar terhindar dari infeksi virus mematikan itu. 

"Protokol kesehatan juga harus kita perhatikan di lingkup keluarga karena banyak kasus penularan COVID-19 di dalam anggota keluarga atau cluster keluarga sehingga pencegahan wajib dijalankan," pesannya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021