Sosialisasi Perda (Sosper) Nomo 12 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi ajang penyampaian aspirasi warga masyarakat.

Hal itu terjadi ketika Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin SE MAP Sosper 12/2019 di Desa Sungai Danau (sekitar 175 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Jumat (6/8).

Menurut mantan anggota DPRD Tanbu itu, Sosper tentang penyelenggaraan Cadangan Pangan tersebut penting agar masyarakat atau semua pihak di provinsinya mengetahui, yang pada gilirannya turut berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Perda 12/2019.

"Apalagi 'Bumi Bersujud' Tanbu juga sebagai sentra pertanian Kalsel," lanjut laki-laki kelahiran Tungkaran Pangeran Batulicin (260 kilometer tenggara Banjarmasin, ibukota kabupaten tersebut) Tahun 1979 yang akrab dengan sapaan Bang Dhin itu.

Dalam Sosper tersebut tetap menerapkan protokoler kesehatan (Prokes) penanganan COVID-19, dan turut hadir Kepala Desa (Kades) Sungai Danau H Sya'bani Rasul dan Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) setempat.

Pada kesempatan itu, Kades Sungai Danau (Sudan) H.Sya'bani Rasul atau Haji Asul dalam sambutan menyatakan, pihaknya akan terus bersama dan membantu para petani, agar tetap produktif di tengah pandemi COVID-19.

"Alhamdulillah dari pihak Pemerintah Desa Sudan terus berupaya mengawal petani kita agar produktivitas pertanian terus jalan, meski berada di tengah pandemi," katanya.

Oleh karena lahan pertanian yang sangat luas, Haji Asul sangat berharap kepada Bang Dhin - Wakil Ketua DPRD Kalsel memperjuangkan insprastruktur sarana prasarana penunjang kegiatan pertanian.

Hal yang menjadi aduan masyarakat Sudan terkait gagal panen akibat banjir, sehingga mereka kehabisan uang untuk modal usaha pertanian.

Haji Asul selaku perwakilan warga mengutarakan keinginan petani kepada wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu itu Desain Site Plan Pertanian, agar dapat meminimalkan kerugian petani. 

"Kalau tidak ada pertemuan ini, kita mungkin tidak tahu kebutuhan petani di lapangan. Saya bersyukur sudah disampaikan apa kebutuhannya,” kata Bang Dhin.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin ketika sosialisasi Perda tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Daerah di Desa Sungai Danau (sekitar 175 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Jumat 6 Agustus 2021. (Istimewa/Humas Setwan Kalsel.)

Pada kegiatan Sosper tersebut juga menyerap aspirasi apa saja yang menjadi keluhan petani, seperti halnya Desain Site Plan Pertanian, dan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). 

Selain itu, permasalahan ditolaknya pendaftaran asuransi oleh PT.Jasindo, petani meminta bantuan modal dari pemerintah untuk melanjutkan menanam padi karena gagal panen setelah musibah banjir, ungkap Bang Dhin melalui WA-nya.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021