Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Sebanyak 134 buah toilet disediakan untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kasus (MCK) para peserta kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) IV di Kalimantan Selatan, 1-7 Juni 2015.


Panitia PPSN IV daerah Kanwil Kemenag Kalsel H Fajriannor Subhi mengungkapkan, di Banjarmasin, Senin, pembangunan toliet untuk peserta PPSN yang akan datang dari seluruh provinsi sudah dilakukan.

Diantaranya 100 buah toilet yang disediakan panitia daerah, dan bantuan panitia pusat 20 buah toilet ditambah sudah tersedia di lokasi perkemahan 14 buah toilet.

"Kita rasa ketersediaan toilet sebanyak ini cukup bagi semua peserta," ujarnya.

Diungkapkan dia pula, untuk ketersediaan air bersih untuk peserta, dikegiatan yang digelar di Taman Agro Wisata Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut itu , pihaknya juga menyediakan penampungan di sebanyak 33 buah tandon air yang kafasitasnya per tandon sebanyal 1.500 liter.

"Untuk ketersediaan air bersih di sana, akan disuplai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tanah Laut," ucapnya.

Untuk lokasi perkemahan, beber Subhi, disediakan tempat sebanyak 133 titik khusus pramuka santriawan dan sebanyak 117 titik khusus pramuka santriwati.

"Untuk logistik perkemahan, semua pesrta membawa sendiri, bukan tanggungjawab panitia," ungkapnya.

Sementara itu, Panitia PPSN IV dari Kementerian Agama pusat Ainun Rafiq menyatakan, peserta yang fositif akan mengikuti kegiatan PPSN IV ini yang sudah menkonfirmasi via online kepanitia jumlahnya sebanyak 2.146 orang peserta dari 29 provinsi.

"Empat provinsi yang lain baru menyatakan via telfon, intinya semua daerah akan mengirimkan kontengennya," ucapnya.

Menurut dia, peserta PPSN IV kali ini juga diikuti peserta dari luar negeri sebagai peserta peninjau, yakni, dari Australia, Pilipina, Brunai Darussalam, Singapura, Malaysia, dan Thailan.

"Para peserta dari luar negeri ini juga akan memakai baju pramuka, mereka ini diundang Kwartir Pramuka Nasional sebagai tim peninjau kegiatan," bebernya.

Dia menyatakan untuk kosumsi para peserta menjadi tanggungjawab panitia pusat, yakni, Kementerian Agama yang disiapkan sekitar 4.000 porsi setiap harinya.

"Rencananya acara ini akan dibuka langsung Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015