Amuntai, (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, terus mendorong agar menu masakan berbahan ikan bisa menjadi santapan rutin anak-anak untuk meningkatkan protein dan gizi yang sangat diperlukan bagi tumbuh kembang anak.


Kepala Bidang Pengawasan dan Budidaya pada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Rossy Estiawati di Amuntai Minggu mengatakan, banyak anak kurang menyukai konsumsi ikan harus disikapi dengan tehnik pengolahan daging ikan menjadi bentuk makanan yang disenangi anak seperti bakso dan nugget.

"Bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK secara rutin kita memberikan pelatihan kepada kaum ibu dan anggota PKK desa tentang teknik pembuatan nugget dan bakso berbahan ikan patin," katanya.

Menurut Rossy, produksi ikan, khususnya budidaya Patin di Kabupaten HSU cukup melimpah, sehingga perlu sebagian dijadikan makanan olahan untuk industri rumah tangga dan konsumsi masyarakat.

"Kita mengkhawatirkan dengan membanjirnya produk cemilan dan makanan instan seperti mie dan lainnya, membuat konsumsi anak terhadap ikan berkurang, sementara si ibu kurang memiliki pengetahuan cara membuat menu ikan yang disukai anak," kata Rossy.

Padahal, kata Rossy teknik dan bumbu untuk mengolah bakso dan nugget ikan cukup mudah, sehingga para ibu diyakini bisa membuat menu masakan ini.

Ia berharap anggota PKK desa/kelurahan yang mengikuti pelatihan dan demo masak bakso dan nugget ikan bisa menularkan ilmunya kepada kaum ibu di desa.

"Sebagai motivasi, setiap tahun juga dilaksanakan lomba menu ikan ini dan lomba makanan sehat lainnya," tutur Rossy.

Dikatakan, pelatihan tata cara membuat menu berbahan ikan dilaksanakan di Desa Kota Raden dan Kelurahan Murung Sari sebagai persiapan menghadapi penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2015.

Teknik pembuatan bakso ikan dilaksanakan di Desa Kota Raden dan Demo pembuatan Nugget berbahan ikan dilaksanakan di Kelurahan Murung Sari dengan pesertanya adalah anggota PKK desa/kelurahan.

Rossy mengatakan produksi jenis ikan patin cukup melimpah di Kabupaten HSU, khususnya pada budidaya Kolam di Kecamatan Haur Gading yang merupakan kawasan minapolis.

"Produksi budidaya patin di Kabupaten HSU baik pada budidaya kolam rawa maupun keramba mencapai sekitar enam ribu ton pertahun," katanya.

Pewarta: Edy Abdillah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015