Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan H Mansyah Sabri mengapresiasi pola pemberitaan Perum Kantor Berita Indonesia Antara atau dulu bernama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

Orang nomor dua di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) HST itu menyampaikan apresiasinya saat menerima audensi Tim Biro Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Barabai (165 kilometer timur laut Banjarmasin), Jumat (30/7) lalu.

"Bagus pola pemberitaan Antara yang lebih mengedepankan solusi daripada permasalahan," ujar mantan anggota DPRD Kota Banjarmasin dan DPRD Kalsel tersebut di ruang kerjanya.

"Memang sudah saatnya kita lebih mendahulukan upaya-upaya atau solutif dalam pemberitaan pada masa-masa kita yang masih membangun," lanjutnya.

Ia berharap, bagaimana cara pemberitaan agar masyarakat tetap optimistis dengan masa depan, dan memotivasi supaya turut berpartisipasi terhadap pembangunan.

"Terlebih pada masa kesulitan perekonomian dan pandemi COVID-19, selain tetap menjaga optimistis, juga kebersamaan atau partisipasi masyarakat kita perlukan," demikian Mansyah Sabri sembari menyatakan kesiapan bekerjasama dengan Biro Antara Kalsel.
Foto bersama usai pertemuan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Mansyah Sabri dengan Tim Perum Antara Kalsel di Barabai (165 kilometer timur laut Banjarmasin), Jumat (30/7). (Ufik Ant Kalsel)

Sebelumnya yang mewakili Kepala Biro Antara Kalsel, Ulul Maskuriah menerangkan, sesuai arahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, bahwa pemberitaan harus bersifat membangun.

Oleh sebab itu, sebagai Kantor Berita pengemban misi pemerintah, Pemerintah, dalam pola pemberitaan lebih mengedepankan hal-hal yang bersifat solutif terlebih dahulu, ujar Redaktur Biro Antara Kalsel tersebut.

"Misi tersebut selalu kami ingatkan kepada kawan pewarta Antara Kalsel," lanjut perempuan yang cukup lama "malang melintang" di dunia kewartawanan itu.

"Hal lain yang juga penting kami ingatkan kepada pewarta Antara Kalsel agar tetap menjaga hubungan baik dengan narasumber seperti halnya dengan pemerintah daerah dan lainnya," demikian Ulul.

Audensi Tim Biro Antara Kalsel ke Wakil Bupati HST untuk lebih mengeratkan silaturahmi sebagaimana anjuran/sunah Rasulullah Muhammad Saw.

Selain itu, untuk mengeratkan kerja sama dengan Pemkab HST terutama dalam penyebarluasan pemberitaan yang berkaitan potensi dan pembangunan daerah, serta kegiatan pemerintahannya.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021