Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalsel melaksanakan Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi kalangan Pelajar di aula SMK Negeri 5 Banjarmasin, Rabu (20/5).


Rilis info Kanwil Kemenkumham Kalsel diterima Antaranews Kalsel menyebutkan  Kakanwil Kemenkumham Kalsel, Yunaedi membuka acara tersebut sekaligus memberikan materi dengan didampingi Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Unan Pribadi dihadiri peserta sosialisasi yang terdiri dari 100 orang pelajar.

“Generasi muda  banua ini diharapkan bisa membuat karya yang mendunia seperti Bill Gates dibidang teknologi atau Henry Ford dibidang otomotif, jangan ragu dalam berkarya terus tingkatkan pengetahuan dan  kembangkan jiwa kemandirian karena tidak menutup kemungkinan diantara siswa/siswi SMKN 5 Banjarmasin ini bisa seperti penemu-penemu tersebut, tapi jangan lupa untuk mendaftarkan hasil karyanya ke Kemenkumham, kata Yunaedi.

Dijelaskan sebagai mana amanat Pancasila 1 Juni 1945 dan Trisakti, “Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”. Kemandirian dan kemajuan suatu bangsa tidak hanya dicerminkan oleh perkembangan ekonomi semata.

Tetapi mencakup aspek Hak Kekayaan Intelektual seperti termaktub dalam ‘Nawa Cita’ Presiden Jokowi terkait pemulihan kepercayaan publik kepada pemerintah untuk melindungi karya-karya anak bangsa agar masyarakat dapat berinovasi untuk menghasilkan karyanya tanpa takut dijiplak dengan cara mendaftarkan karyanya ke Kementerian Hukum dan HAM dari sekarang.

Sementara itu Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Unan Pribadi memberikan materi tentang‘MERK’ hasil karyanya untuk mendukung program pemerintah dalam menghadapi daya saing pasar internasional sehingga diperlukan Merk yang terdaftar dalam menjalankan usahanya di luar negeri.

"Harapan saya kepada Siswa/Siswi SMKN 5 ini bisa mendukung kemandirian ekonomi seperti termaktub dalan Nawa Cita nya Presiden kita, “ jelas Unan Pribadi.(Humas Kanwil/e)
 

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015