Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dana desa yang merupakan program Pemerintah yang akan diterima Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, diperkirakan lebih dari Rp40 miliar.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Balangan, Ruspandi di Paringin, Jumat mengatakan, dana desa untuk 154 desa di Balangan berkisar Rp40 miliar.

"Dana yang akan didapatkan 154 desa di Balangan berkisar Rp40 miliar, itu merupakan hasil koordinasi Pemerintah Kabupaten Balangan dengan Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu," ungkapnya.

Memang, jelasnya, program yang diumumkan di televisi, setiap desa akan mendapat dana satu miliar rupiah, namun dana tersebut tidak akan diterima langsung, akan tetapi bertahap hingga tahun 2017 nanti.

"Bantuan tidak murni diterima satu miliar, tapi hanya berkisar antara Rp250 juta - Rp350 juta, diperkirakan tahun 2017 baru bisa menerima kurang lebih satu miliar rupiah, bahkan bisa lebih," urainya.

Ruspandi mengungkapkan, jumlah yang diterima masing-masing daerah akan berbeda, namun nilainya akan ditingkatkan pada 2016 dan 2017 nanti, hingga mencapai Rp1, 4 milyar setiap desa.

"Sebanyak 74.000 desa se-Indonesia nantinya akan mendapatkan dana desa. Besaran dana yang diterima pun bervariasi sesuai dengan kondisi setempat," ungkapnya.

Kriterianya adalah disesuaikan dengan jumlah penduduk, sesuai dengan luas wilayah, sesuai dengan tingkat kemiskinan, sesuai dengan indeks kesulitan geografis.

Dengan adanya mekanisme pengawasan yang kuat di tingkat kementerian sehingga pemberian dana tepat sasaran, dan dana akan langsung dikucurkan ke pemerintahan desa, nantinya akan dibuatkan rekening desa khusus untuk dana tersebut.

"Dana yang akan diterima ini merupakan tahap awal, gunakanlah sebaik-baiknya untuk membangun negeri dimulai sektor pedesaan, jangan sampai pemerintah desa terlibat korupsi anggaran dana desa ini," pesannya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015