Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 dan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2021, di Aula Gedung Pramuka HSS dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKBPPPA HSS, Hj Hanti Wahyuningsih, di Kandangan, Kamis (22/7), mengatakan peringatan ini bentuk nyata komitmen pemerintah yang konsisten membangun Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing melalui keluarga yang berkualitas, serta momen untuk menggugah kepedulian dan partisipasi akan pemenuhan hak anak.

"Peringatan harganas kali ini mengangkat tema “Keluarga Keren Cegah Stunting” dan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021 dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tagline #AnakPeduliDimasaPandemi Tahun 2021," katanya, dalam laporan kegiatan.

Dijelakan dia, keluarga yang berkualitas menjadi tempat nilai agama yang diajarkan dan tempat kasih sayang diberikan, keluarga berperan penting untuk memperkenalkan nilai sosial budaya, cinta lingkungan serta menanamkan nilai saling menghormati dan toleransi.

Perayaan HAN jadi momentum penting untuk mengunggah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam menjamin pemenuhan hak anak untuk hidup, tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Keluarga tidak hanya berperan penting dalam mencegah stunting demi mewujudkan SDM yang berkualitas, tetapi juga menjadi kunci utama dalam menekan wabah COVID-19 yang tengah melanda, serta menjadi kunci kesuksesan dalam memasuki era normal baru.

"Adapun rangkaian yang dilaksanakan pada peringatan Harganas dan HAN, antara lain Pelayanan KB Gratis Sejuta Akseptor yang dilaksanakan secara serentak di semua puskesmas dan Mobil Pelayanan pada 24 Juni 2021 lalu," katanya.

Selain itu, telah terlaksana komitmen bersama pendewasaan usia perkawinan di tingkat kecamatan dan desa, demi mencegah pernikahan di bawah umur di Kabupaten HSS yang disaksikan langsung oleh Kepala BKKBN Perwakilan Kalsel.

Penandatangan komitmen bersama tersebut kemudian juga dilaksanakan Camat Kandangan beserta Ketua TP PKK Kecamatan Kandangan dengan Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah A. Fikry serta Kepala Dinas PPKBPPPA.

Selanjutnya, dilaksanakan lomba penyuluh KB berprestasi, lomba keluarga berencana lestari, lomba institusi masyarakat pedesaan, kader Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD, Lomba Pohon Harapan Tingkat SD, SMP dan SMA sederajat.

Lomba menggambar mengenai pencegahan kekerasan anak di lingkungan sekolah dan keluarga tingkat SD, SMP, SMA sederajat, lomba kesehatan wanita dalam upaya meningkatkan ketahanan keluarga.

Kemudian, lomba menggambar mengenai pencegahan kekerasan anak di lingkungan sekolah dan keluarga tingkat SD, SMP, SMA sederajat, serta lomba kesehatan wanita dalam upaya meningkatkan ketahanan keluarga, festival dan sederet lomba tersebut diselenggarakan Dinas Pendidikan HSS.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan pada situasi pandemi COVID-19 yang kembali mengalami peningkatan, berharap agar masyarakat di Kabupaten HSS dapat mematuhi protokol kesehatan.

“Tidak ada kelonggaran dan kelengahan dalam penerapan protokol kesehatan, terlebih saat ini muncul COVID-19 dengan varian baru yang penularannya lebih cepat, masih melihat banyak warga Kabupaten HSS yang belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan dengan baik dan benar,” katanya.

Ia juga menyambut baik tema yang diangkat pada peringatan Harganas dan HAN kali ini, yakni mengenai stunting. Meski masih dalam kondisi pandemi, agar melalui peringatan Harganas dan HAN tetap dapat memberikan manfaat yang besar, untuk kemajuan keluarga dan tumbuh kembang anak di HSS.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad S. Ketua GOW Srie Astuti Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah, H. Muhammad Noor, Ketua DWP HSS, Hj Elyani Yustika M. Noor, Kepala BKKBN Perwakilan Kalimantan Selatan, H. Ramlan, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, serta undangan lainnya.

Baca juga: Penyusunan rancangan awal RAD upaya wujudkan KLA HSS

Baca juga: HSS berupaya wujudkan peningkatan predikat KLA

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021