Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada warga yang menjadi tertimpa musibah kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah, di Desa Sungai Sungai Kupang, Kecamatan Kandangan.

Ia mengatakan, merasa berduka yang mendalam atas musibah yang menimpa warganya, menyerahkan bantuan pada korban musibah kebakaran yang terjadi beberapa hari yang lalu, dan sesuai dengan tahapan.

"Begitu terjadi kebakaran diberikan bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan lainnya, setelah itu survei di lapangan untuk menilai total kerugian hingga sesuai dengan aturan hari ini beliau dibantu sebesar Rp6 juta," katanya, dalam keterangan, Rabu (21/7) kemarin.

Diharapkan dia, dengan bantuan ini bisa kembali mulai membangun rumah yang terbakar, dan pihaknya bersyukur sekarang proses pemberian bantuan sangat cepat, yang bertugas di Damkar Kabupaten HSS meneliti dan Dinas Sosial Kabupaten HSS memprosesnya, jadi jeda antara bantuan tanggap darurat dengan bantuan perbaikan rumah tidak terlalu lama.

Kepada warga ia  berpesan untuk berhati-hati dan waspada akan segala sesuatu yang mungkin saja dapat terjadi, seperti halnya kebakaran rumah dan lahan.Sekarang musim cukup ekstrim kadang-kadang panas sekali, diminta warga berhati-hati di rumah kalau menggunakan listrik atau colokan listrik diamankan dengan baik, termasuk daerah Sungai Kupang daerah rawa.

"Kita berharap untuk mengantisipasi terhadap kebakaran hutan dan lahan, dengan kewaspadaan kita bersama kebakaran yang menyangkut rumah, menyangkut lahan bisa supaya kita kurangi secara maksimal. Dukungan masyarakat yang menjadi kata kunci untuk mencegah terjadinya bencana termasuk kebakaran rumah dan lahan,” katanya.

Sebelumnya, diketahui  kebakaran telah menghanguskan satu tempat tinggal milik keluarga Ali Nurdin (40) dan Rabiatul Adawiyah, warga di Desa Sungai Kupang,  di Kecamatan Kandangan, pada Jumat (16/7) sekitar pukul 10.15 wita.

Turut hadir, Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, Camat Kandangan, Lothvie Rahmanie, Kepala Satpol PP dan Damkar HSS, H. Iwan Friady, serta Kabag Prokopim Setda HSS Ika Aguspiannor H.

Baca juga: 1.300 rumah di HSS direhab bertahap hingga 2023

Baca juga: Sebanyak 86 KPM di Kalumpang dan Simpur terima bansos PRS dan UEP

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021