Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan Sumahuddin Muharram menghimbau bagi calon perseorangan atau independen yang akan maju pada Pilkada, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota segera menyiapkan berkas syarat pendaftaran.


Pasalnya, kata Samahuddin, saat dihubungi wartawan, Minggu, penyerahan syarat dukungan calon perseorangan atau independen bagi calon kepala daerah ini ditunggu pihaknya mulai 28 Mei hingga 7 Juni 2015 ini.

"Selagi masih ada waktu ini saya himbau agar meneliti lebih cermat berkas yang akan diserahkan kepada KPU nantinya," ujarnya.

Sebab, kata Samahuddin, untuk syarat calon gubernur independen misalnya harus mengantongi sebesar 8,5 persen dukungan masyarakat dari jumlah total masyarakat pemilih, dan ini harus benar-benar sah.

Hal tersebut dikarenakan, ungkap Samahuddin, jumlah pemilih di Kalsel sudah hampir mencapai 3 juta jiwa, yang disyaratkan kalau demikian calon independen harus bisa mengumpulkan dukungan melalui bukti foto cofy Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga bertandatangan sebanyak 8,5 persen.

Samahuddin belum bisa menyebuatkan angka pastinya berapa ratus ribu dukungan warga di 13 kabupaten/kota di daerah ini yang harus dikumpulkan calon perseorangan agar memenuhi syarat maju pada Pilkada 2015 ini, sebab proses pemutakhiran data pemilih sedang berjalana, namun dia memperkirakan lebih 500 ribu.

"Sejauh ini yang santer beredar kepublik maju sebagai calon gubernur Kalsel lewat jalur independen baru Wali Kota Banjarmasin H Muhidin, moga dia memenuhi syarat," ucapnya.

"Demikian juga para figur yang maju lewat jalur independen di pilkada enam kabupaten/kota di daerah ini," imbuhnya.

Sedangkan bagi calon gubernur yang diusung partai politik, Samahuddin mengungkapkan masih cukup panjang waktunya, yakni, pada 26 Juni hingga 28 Juli nanti.

"Kita berharap Pilkada di daerah kita nantinya berjalan lancar dan demokratis sesuai keinginan bersama, dan ini harus menjadi perhatian semua calon, agar berkompetisi dengan adil dan sportif," pesannya.

Menurut dia, tahapan pemilihan Gubernur/Wagub dilaksanakan melalui 13 tahapan yang dimulai dari perencanaan program dan anggaran serta evaluasi dan pelaporan.

"Saat ini semua tahapan itu sudah mulai berjalan, kita yakin pesta demokrasi dia daerah kita ini akan berjalan lancar," bebernya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015