TNI Angkatan Laut membantu serbuan vaksinasi COVID-19 bagi remaja di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dimana anak usia 12 tahun ke atas kini juga diberikan vaksin pasca-terbitnya izin penggunaan darurat dari BPOM untuk vaksin Sinovac.

"Sebanyak 420 orang terdaftar divaksin hari ini dan sebagian remaja umur 12 sampai 17 tahun," terang Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, Rabu.

Menurut Danlanal, vaksin terhadap remaja usia sekolah sebagai dukungan pihaknya dalam penanganan pandemi yang kini juga banyak menjangkiti anak-anak.

Terlebih Kota Banjarmasin telah membuka sekolah untuk pembelajaran tatap muka, maka dengan vaksin siswa diharapkan dapat terlindungi dan aman dari paparan COVID-19.

"Sembari pemberian vaksin, para remaja juga kami edukasi protokol kesehatan termasuk saat berada di lingkungan sekolah," tuturnya.

Vaksinasi yang bertempat di Gedung Hasan Basry Markas Komando Lanal Banjarmasin itu mengerahkan tim vaksinator gabungan dari Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin, Poltekes Kemenkes Banjarmasin dan RSUD Ansari Saleh Banjarmasin dengan jumlah tenaga medis sebanyak 24 orang saling bersinergi dalam melayani pemberian vaksin gratis itu.
Kolonel Laut (P) Herbiyantoko saat meninjau vaksinasi terhadap kelompok remaja. (ANTARA/Firman)


Sebelumnya Lanal Banjarmasin telah melaksanakan serbuan vaksinasi di beberapa tempat. Selain Mako Lanal sendiri, pemberian vaksin juga digelar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sebanyak 516 orang, di RS TPT dr. R Soeharsono 1.648 orang, di Student Activity Center (SAC) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 492 orang, Duta Mall Banjarmasin 2.078 orang dan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Tabanio Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut 518 orang.

Adapun masyarakat maritim dan warga yang tinggal di pesisir di seluruh wilayah kerja Lanal Banjarmasin yang mencakup Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah menjadi target prioritas untuk divaksin.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021