Camat Labuan Amas Selatan (LAS), H Aidi Rozain mengapresiasi para peternak dan penjual sapi untuk kurban yang ada di wilayahnya dengan mampu memberdayakan masyarakat  sehingga meningkatkan ekonomi warga sekitar.

"Khusus di Kecamatan LAS ini memang ada beberapa peternak dan penjual sapi dengan skala besar, seperti di Desa Sungai Rangas, Pantai Hambawang Barat dan di Desa Jamil," katanya saat meninjau langsung ke kandang sapi salah seorang pengusaha di Kelurahan Pantai Hambawang Barat, Selasa (13/7).

Untuk memberi makan ratusan sapi mereka menurut Haji Aidi, para pengusaha memanfaatkan warga sekitar untuk mencarikan rumput.

"Contohnya saja adalah Syahruzi yang merupakan pengusaha sapi di Desa Pantai Hambawang Barat ini, mendekati hari raya qurban, Ia dapat memberdayakan warga sekitar sebanyak 60 orang lebih sebagai pencari rumput untuk memberi makan sapi-sapinya," kata Aidi.

Camat mengungkapkan, dengan jumlah sapi yang hampir 500-an ekor,  Syahruzi membutuhkan 8 ton lebih rumput per harinya dan per kilonya dihargai Rp500. "Pendapatan para pencari rumput itu dari Rp50 ribu hingga Rp300 Ribu kalau mereka semangat kerjanya," kata Aidi.

Dengan demikian ditambahkannya, para pengusaha sapi di wilayah Kecamatan LAS, turut membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran. "Kami sangat mengapresiasi para pengusaha sapi dan mudah-mudahan usahanya terus berkembang dan lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja di desa-desa lain," tuntasnya.

Baca juga: Peringati Hari Bhakti Adhiyaksa, Kejari HST gelar bhakti sosial dan berbagi
Baca juga: Menu 'Haruan Jalinan Asmara' dan 'Bias Korona' juara lomba masak serba ikan
Baca juga: Sebanyak 230 dosis vaksin gratis untuk warga Kecamatan Batu Benawa

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021