Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mukti Tama Bersujud Desa Sejahtera Mulia Bukit Baru, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melaksanakan panen raya padi gunung/gogo.


"Kami selaku pemerintah daerah menyambut gembira karena petani kita telah berhasil melaksanakan panen raya padi, semoga dengan panen ini kesejahteraan petani terus meningkat," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Kabupaten Tanah Bumbu Abdul Karim, di Batulicin, Rabu.

Dikatakan, keberhasilan Gapoktan di Tanah Bumbu tidak terlepas dari peran serta Dinas Tanamangan Pangan dan Peternakan (Distanpanak), Badan Penyuluh Pertanian Perkebunan Perikanan Peternakan dan Kehutanan (BP4K), Koramil, Mantri Tani, Petugas Penyluh Lapangan (PPL), dan Babinsa.

"Padi gogo yang dipanen oleh Gapoktan Mukti Tama Bersujud merupakan hasil dari kegiatan SL-PTT padi gogo kawasan pengembangan 2014 dan akan menyumbang produksi padi 2015 dalam rangka upaya khusus swasembada pangan," katanya.

Dia menjelaskan, keterlibatan TNI AD juga dimaksudkan untuk mendukung program swasembada pangan 2015 swasembada padi 2015, swasembada jagung 2016, dan swasembada kedelai 2017.

Tanah Bumbu 2015 menyiapkan lahan pertanian seluas 30.000 hektare dengan target produksi mencapai 130.000 ton Gabah Kering Giling (GKG).

"Mewujdukan target tersebut menjadi tugs berat, namun bukan hal yang mustahil untuk dicapai jika semua pihak saling bekerja sama, bahu-membahu sehingga tugas ini akan menjadi ringan," tuturnya.

Varietas padi gogo yang ditanam oleh petani di Desa Sejahtera Mulia Kecamatan Satui ada empat varietas lokal dan varietas unggul.

Menurut Mantri Tani Kecamatan Satui M. Noor Abidin, varietas lokal yang dimaksud adalah Srikandi, Sungkai, Gedagai, dan Siam Merah (Rojolele).

  Sedangkan varietas unggul yang dicoba adalah inpago yang berasal dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banjarbaru.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015