Banjarmasin,(Antaranews Kalsel) - Banyak anggota DPRD Kota Banjarmasin memastikan akan turun ke lapangan dalam program menyerap aspirasi masyarakat atau biasanya disebutnya reses pada bulan ini.


Menurut PPTK Kegiatan Reses Dewan Kota Banjarmasin Hj Maryam, di Gedung DPRD , Selasa, sudah ada sekitar 20 anggota DPRD yang terdata di pihaknya menyatakan diri akan melakukan reses ini.

"Dijadwalkan reses pertama anggota dewan tahun ini dilaksanakan pada 15-18 Mei, kita harap tidak tertunda," ujarnya.

Sebenarnya, kata dia, pelaksanaan reses pertama ini sekali tertunda yang semula dijadwalkan pada akhir April lalu, namun karena ada kegiatan penting membahas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Tahun Anggaran 2014, maka tertunda.

Maryam menyebutkan, untuk pelaksanaan reses tahun ini tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana dilakukan secara perorangan. Namun, ada catatan kecil, yakni, biayanya dikeluarkan oleh anggota dewan pribadi.

"Nanti dananya akan diganti oleh sekretariat dengan melampirkan kwitansi pengeluaran kegiatan reses itu sendiri," katanya.

Dibeberkannya, dari sebanyak 45 anggota DPRD Kota Banjarmasin berdasarkan catatan, sudah 20 orang yang melakukan konfirmasi akan melaksanakan reses ini.

Sementara itu, sebutnya, alokasi anggaran kegiatan reses dewan ini. Sekretarit dewan sudah menyiapkan anggaran mencapai Rp 800 juta lebih, di mana, masing-masing anggota dewan mendapatkan sebesar Rp 19 juta untuk kegiatan itu.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin H Iwan Rusmali berpesan, para anggota dewan yang turun kelapangan memanfaatkan kegiatan ini harus bisa sebaik-baiknya menyerap aspirasi masyarakat, yang nantinya bisa diperjuangkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Program ini penting dilakukan, sebab kita wakil rakyat yang harus memperjuangkan aspirasi mereka dengan baik," ujarnya.

Dibeberkan politisi partai Golkar ini, kegiatan reses ini sesuai dengan tata peraturan yang melekat di setiap anggota DPRD untuk diwajibkan melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihannya, namun tidak menutup kemungkinan ada yang tidak melakukannya

  "Meski dalam aturan diwajibkan, sah-sah saja bagi anggota dewan yang tidak melakukan reses karena mereka setiap harinya sudah melakukan reses dengan pendanaan pribadi," ucapnya.   

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015