Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada warga yang tertimpa musibah kebakaran yang menghanguskan sebuah rumah, di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Daha Selatan.

Ia mengatakan, turut prihatin dan agar keluarga tertimpa musibah selalu diberikan kesabaran dan ketabahan, dan semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban keluarga meski nominalnya tidak seberapa.

"Kami berharap semoga para korban kebakaran bisa lapang dada dalam menerima ujian ini, dan bisa memaknai serta selalu sabar menerima cobaan yang diberikan Allah, karena dibalik musibah itu pasti ada hikmah yang terbaik," katanya, Selasa (29/6).

Kepala Dinas Sosial Nordiansyah, mengatakan pasca kebakaran yang menghanguskan satu rumah, pihaknya langsung merespons dengan memberikan bantuan tanggap darurat berupa sembako kepada para korban yang terkena musibah tersebut.

Kemudian, Satpol PP dan Damkar melakukan cek lapangan terkait dengan kerugian yang dialami dan kemarin datanya sudah masuk ke Dinas Sosial, lalu diproses, dan pada hari ini sudah bisa disalurkan.

"Pagi tadi kami infokan ke Bupati HSS, dan bupati bersedia hari ini menyerahkan langsung bantuannya kepada korban," katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bardamaini, mengatakan bantuan dokumen kependudukan yang diberikan yaitu KTP Elektronik, Akta Kelahiran, dan Kartu Keluarga, dan ini merupakan inovasi dari Dinas Dukcapil yaitu Layanan Tanggap Bencana (Lacana).

Sementara, Camat Daha Selatan Nafarin, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat khususnya di Daha dan Kabupaten HSS pada umumnya, yang telah membantu terutama pada waktu pemadaman kebakaran.

"Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bupati HSS yang telah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, dan juga kepada Dinas Sosial serta Dinas Dukcatpil," katanya.

Sebagaimana diketahui, warga Paridah Aryani(52 tahun), yang beralamat di Desa Sungai Pinang, Daha Selatan mengalami musibah kebakaran pada Jumat(25/6) malam, sekitar pukul 22.30 Wita menghanguskan harta benda dan rumah yang menjadi tempat naungan selama ini bersama keluarga.

Baca juga: Kebakaran di Sungai Pinang Nagara hanguskan satu rumah

Baca juga: Korban kebakaran di Ida Manggala terima bantuan sosial pemerintah

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021